Berita

3 Tips Tetap Produktif di Masa Pandemi

Al-Musthofa Publication 3 Tips Tetap Produktif di Masa Pandemi

Jakarta, NU Online

Ning Dhomiratul Firdaus, founder dan admin akun Instagram @fiqhperempuan, berbagi cara agar tetap produktif di masa pandemi walaupun hanya berada di rumah saja. Hal pertama yang perlu dilakukan, menurutnya, adalah menyusun ulang manajemen waktu  Ia mengatakan, manajemen waktu yang tepat dapat meningkatkan produktivitas sehingga pekerjaan bisa dilakukan secara efisien dan bebas stres.


“Pada intinya, agar tetap bisa produktif meskipun di rumah saja, kita harus pandai mengatur waktu,” kata perempuan yang karib dengan sapaan Ning Firda saat dihubungi NU Online, Jumat (13/8).


Kedua, membuat jadwal kegiatan harian. Hal ini, menurutnya, berguna sebagai pengingat agar tidak ada pekerjaan yang terlewat, dengan menyusun kegiatan yang menjadi proritas supaya dapat dilakukan secara tertata dan dapat selesai tepat waktu. 


“Membuat urutan apa yang harus kita lakukan. Mulai dari pekerjaan rumah, pekerjaan kantor, hingga quality time bersama keluarga,” tutur dia.


Ketiga, berbagi peran domestik dengan pasangan. Contohnya menyapu, mengasuh anak, beres-beres rumah, dan memasak. Diterangkan, dalam hal ini, komunikasi yang baik dengan pasangan menjadi kuncinya, sebab keluarga yang saling mendukung dan bekerja sama, akan dapat menjaga kehangatan dan keharmonisannya.


“Cara yang paling jitu untuk mempraktikkannya tentu melalui komunikasi yang baik dengan pasangan dan melakukannya bersama-sama,” terang Istri dari Sutradara Danial Rifki itu.


Ia mengakui bahwa pandemi virus Covid-19 membuat pergerakan dan kebebasan beraktivitas di luar rumah menjadi terbatas. Tak dapat dipungkiri Covid-19 juga telah merubah banyak hal. Kondisi ini, menuntut tiap individu untuk terus beradaptasi dengan segala macam kenormalan baru salah satunya adalah Work From Home (WFH).


“Saat ini kita semua berada dalam fase belajar untuk mengubah pola dan ritme kehidupan agar dapat hidup berdampingan dengan situasi kenormalan baru,” ujar Ning Firda.


Ia mengungkapkan, seperti kebanyakan orang lain dampak ini pun dirasakan oleh keluarganya. Namun, dia berusaha untuk tetap optimis dan mulai mencoba berdamai dengan keadaan saat ini. “Pekerjaan, organisasi, dan kegiatan-kegiatan lain di luar kota akhirnya hanya bisa dilakukan di rumah via Zoom,” ungkap Pengisi Kajian Rutin Kiswah Famale di TV9 itu.


Baginya, pandemi ini harus tetap disyukuri, sebab bila dibandingkan dengan wabah di abad 20-an ketika sistem teknologi informasi belum bersahabat, pasti akan jauh lebih menyiksa. “Saat ini karena ada internet, banyak hal bisa dilakukan secara online,” paparnya.


Dituturkan, jika semua disikapi dengan positif, situasi seperti apapun tidak akan menghalangi gerak lagkah setiap individu untuk melakukan berbagai hal produktif. “Mungkin ke depannya akan muncul kreatifitas baru, pekerjaan baru, dan profesi baru yang belum pernah kita dengar sebelumnya,” tukas Ning Firda.


Kontributor: Syifa Arrahmah

Editor: Syakir NF

Al-Musthofa Publication 3 Tips Tetap Produktif di Masa Pandemi

Source link