Berita

323 Orang Meninggal Dunia, 9 Orang Masih Dinyatakan Hilang

Al-Musthofa Publication 323 Orang Meninggal Dunia, 9 Orang Masih Dinyatakan Hilang

Jakarta, NU Online

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per Senin (28/11/2022) pukul 17.00 WIB mencatat, korban meninggal dunia bertambah menjadi 323 jiwa. Data tersebut diperoleh BNPB setelah tim gabungan berhasil menemukan 2 orang jenazah di Kecamatan Cijedil. Dengan begitu, warga yang masih dinyatakan hilang menjadi 9 orang. 

Gempa Cianjur juga menghancurkan atau merusak fasilitas dan berbagai infrastruktur yang ada. Tercatat sebanyak 26.237 rumah mengalami rusak berat, sedangkan rumah yang dinyatakan rusak sedang terdapat 14.196, dan 22.786 rumah rusak ringan.

Selain itu, berdasarkan catatan BNPB, infrastruktur lain yang mengalami kerusakan yaitu 471 sekolah, 170 tempat ibadah, 14 fasilitas kesehatan, dan 17 gedung perkantoran.

Kemudian, BNPB bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) serta Dana Penduduk Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNFPA) mencatat sejumlah tirik pengungsian yang ada di Cianjur, Jawa Barat. Hingga saat ini terdapat 449 titik pengungsian dengan total jumlah pengungsi sebanyak 10.330 jiwa. 

“Pos komando terus melakukan pemantauan kebutuhan logistik warga terdampak. Distribusi bantuan masih terus digencarkan dengan menggunakan berbagai armada. Sebanyak 294 organisasi membantu penanganan gempa bumi,” ungkap Bupati Cianjur Herman Suherman yang kini menjadi komando penanganan darurat, sebagaimana dikutip dari situs resmi BNPB, Selasa (29/11/2022).

Salah satu organisasi yang ikut terjun membantu penanganan gempa bumi di Cianjur adalah Gusdurian Peduli. Sejak awal, para relawan langsung turun untuk membuka donasi dan membuka posko atau Pos Respons Gempa Cianjur.

Saat ini, Gusdurian Peduli tengah berupaya membangun hunian sementara (huntara) untuk para pengungsi atau warga terdampak gempa. Huntara itu dibangun di Kecamatan Cianjur atau di lokasi yang cenderung lebih aman dari gempa.

Sebelumnya, Gusdurian Peduli telah menyalurkan sejumlah bantuan berupa makanan siap saji, terpal, tikar, air mineral, dan berbagai kebutuhan bagi warga terdampak gempa.

Gusdurian Peduli juga akan terus membantu kebutuhan para korban gempa Cianjur. Bagi para donatur yang ingin menyalurkan bantuannya melalui Gusdurian Peduli, bisa dikirim melalui rekening BCA Cabang Kaliurang di nomor rekening 8610603999 atas nama Yayasan Jaringan Gusdurian Peduli. Tambahkan kode 021 di akhir nominal seperti Rp500.021 agar donasi bisa mudah diidentifikasi. Bantuan bisa dikonfirmasi melalui Gusdurian Peduli (0822-9999-1117).

Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Fathoni Ahmad

Al-Musthofa Publication 323 Orang Meninggal Dunia, 9 Orang Masih Dinyatakan Hilang

Source link