Berita

6 Tips Jaga Kesehatan Tubuh saat Musim Liburan

Al-Musthofa Publication 6 Tips Jaga Kesehatan Tubuh saat Musim Liburan

Jakarta, NU Online
Musim liburan adalah momen untuk bercengkrama bersama keluarga maupun teman. Kendati tampak mengasyikan, musim liburan ternyata berpotensi membuat Anda mengabaikan pola hidup sehat karena konsumsi makanan yang tidak terjaga dan melewatkan olahraga. Seringnya, kebiasaan buruk itu baru disesali ketika liburan telah usai.

 

Padahal, menjaga kesehatan saat memasuki musim liburan merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Berikut beberapa persiapan dan perubahan rutinitas sehari-hari, supaya bisa menikmati liburan dengan sehat dan bahagia. Berikut ini adalah 6 tips jaga kesehatan tubuh saat musim liburan:

 
1. Rutin berolahraga
Melansir, artikel “Healthy Habits to Start Before the Holidays”, olahraga adalah cara yang jitu untuk mengurangi stres dan meningkatkan energi tubuh. Olahraga juga untuk dapat menangkal penyakit dan menjaga agar persendian tetap bergerak aktif sehingga sehat.

 

Tidak harus dimulai dengan gerakan yang intens. Anda bisa jalan cepat di sekitar rumah dan itu sudah cukup. Yang perlu diperhatikan adalah, memulai olahraga secara bertahap dan konsisten.

 
2. Konsumsi makanan sehat
Euforia liburan bak kurang afdal jika tanpa kehadiran makanan manis dan tinggi lemak yang menggoda. Namun, perlu diperhatikan bahwa melakukan kontrol diri untuk tidak mengonsumsi makanan sembarang saat liburan adalah hal penting.

 

Makan makanan yang seimbang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dan memenuhi kebutuhan cairan dapat membantu mencegah dehidrasi, terutama di bulan-bulan yang lebih dingin saat kita mungkin tidak merasa haus.

 
4. Tidur cukup
Musim liburan yang menggembirakan kerap menyita banyak waktu Anda, sehingga kurang tidur pun tak terelakkan.

 

Pastikan kebutuhan istirahat harian tetap terpenuhi, karena kurang tidur dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap stres dan penyakit. Pastikan Anda tidur setidaknya tujuh jam setiap malam agar tetap sehat selama musim liburan yang sibuk.

 
5. Jaga kebersihan
Musim liburan adalah waktu yang tepat untuk bertemu dengan keluarga dan teman, tetapi juga saat virus pilek dan flu tampaknya lebih banyak beredar. Itulah mengapa sangat penting untuk meningkatkan kebiasaan menjaga kebersihan Anda sebelum liburan.

 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Desember dan Januari adalah bulan puncak aktivitas flu, utamanya di Amerika Serikat. Adapun beberapa langkah sederhana untuk membantu mencegah penyebaran penyakit ini seperti sering mencuci tangan, menghindari keluar jika merasa sakit, dan menghindari kontak dekat dengan orang sakit.

 
6. Luangkan waktu untuk diri sendiri
Bagi sebagian orang, liburan bisa menjadi hari yang sibuk. Bagaimanapun rencanamu untuk menghabiskan liburan tahun ini, pastikan tetap meluangkan waktu untuk bersantai dan menyegarkan diri. Baik itu duduk di teras rumah atau membaca buku favorit lakukan sesuatu yang membuat Anda bahagia dan membantu Anda bersantai.

 
Pewarta: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Aiz Luthfi

Al-Musthofa Publication 6 Tips Jaga Kesehatan Tubuh saat Musim Liburan

Source link