Berita

9 Lomba Class Meeting Penuh Kebersamaan dan Keceriaan

Al-Musthofa Publication 9 Lomba Class Meeting Penuh Kebersamaan dan Keceriaan

Jakarta, NU Online
Ujian semester gasal/ganjil tahun pelajaran 2022-2023 telah usai. Setelah semua kegiatan belajar berakhir, maka tibalah class meeting, kegiatan lomba seru yang melibatkan semua siswa di sekolah. Class meeting merupakan ajang tahunan yang banyak dinantikan warga sekolah khususnya siswa seusai melaksanakan ujian semester. 

Umumnya, kegiatan class meeting yang dilakukan di sekolah berupa perlombaan antarsiswa atau kelas. Ada beragam bentuk perlombaan atau pertandingan yang diadakan. Berikut rekomendasi 9 perlombaan class meeting yang telah dihimpun NU Online:

1. Lomba menata ruang kelas

Setiap siswa diminta untuk menghias atau mendesain ruang kelasnya semenarik mungkin. Selain berguna untuk memperindah kelas, lomba ini bermanfaat meningkatkan kekompakkan seluruh anggota kelas dan menambah kreativitas siswa. 

2. Lomba daur ulang sampah
Mendaur ulang sampah juga dapat dijadikan ide lomba class meeting. Perlombaan ini akan menjadi kegiatan yang unik dan mempunyai manfaat lebih. Para siswa dapat memanfaatkan barang-barang bekas yang dianggap sampah, menjadi suatu kreasi yang bisa dimanfaatkan dan bernilai estetika.

3. Lomba desain poster
Saat ini, kemampuan desain merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan dan banyak dimiliki oleh orang-orang. Kesempatan yang bagus ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan minat dan bakat siswa dalam dunia desain. 

4. Lomba kebersihan kelas
Tujuan dari lomba ini selain meningkatkan kekompakkan seluruh siswa di masing-masing kelas, juga bertujuan membentuk karakter peduli siswa pada lingkungan sekitar. Lomba ini juga ditujukan guna melatih para siswa untuk menjaga,merawat dan  melestarikan sekolah dan lingkungan sekolah.

5. Perlombaan suporter terbaik
Penghargaan suporter terbaik bagi kelas yang memiliki suporter atau pendukung yang kompak, kreatif, dan paling semangat maka kehadiran mereka perlu diapresiasi. Pasalnya, merekalah yang telah meramaikan class meeting ini. Pastinya akan ada suporter dengan yel-yel yang kreatif, kostum unik, dengan performa yang kompak.

6. Lomba membawa tampah
Lomba ini ditujukan untuk menjaga keseimbangan agar tampah yang diletakkan di atas kepala tidak jatuh. Akan lebih seru lagi jika di atas tampah tersebut ditaburkan bedak atau tepung sehingga jika jatuh akan menjadi sebuah kelucuan tersendiri.

7. Tarik tambang
Lomba ini banyak diperlombakan untuk menguji kekompakan dan kekuatan fisik tim. Lomba ini sering diikuti oleh peserta laki-laki dengan badan yang besar dan kuat. Namun sebenarnya lomba ini bisa diikuti oleh pelajar perempuan dengan jumlah peserta yang ditambah agar daya tarik-menarik semakin kuat.

8. Cerdas cermat
Selain lomba class meeting dalam bentuk fisik, perlu juga dilaksanakan lomba untuk mengetes kemampuan kognitif para siswa berupa Lomba Cerdas Cermat. Dengan materi pertanyaan yang diambil dari pelajaran yang telah dipelajari, lomba ini sekaligus bisa mengasah pemahaman peserta tentang ilmu yang telah dipelajari. Selain itu, supporter dalam lomba ini pun bisa sangat meriah terlebih jika terjadi kejar mengejar skor antarregu.

9. Lomba memasak
Lomba ini termasuk perlombaan kreatif karena menguji kreativitas dan kekompakan kelompok dalam membuat berbagai jenis makanan. Selain ditujukan untuk lomba, makanan yang telah dibuat tentu bisa dimakan bersama sekaligus meningkatkan kebersamaan dan kekeluargaan di sekolah. Kegiatan ini bukan hanya dilakukan oleh para siswi saja, namun para siswa termasuk dewan guru juga bisa ikut serta dalam lomba ini.

Pewarta: Syifa Arrahmah
Editor: Muhammad Faizin

Al-Musthofa Publication 9 Lomba Class Meeting Penuh Kebersamaan dan Keceriaan

Source link