Berita

Akhir Maret, PBNU Akan Gelar Rakernas dan Pengukuhan Lembaga di Pesantren Cipasung

Al-Musthofa Publication Akhir Maret, PBNU Akan Gelar Rakernas dan Pengukuhan Lembaga di Pesantren Cipasung

Jakarta, NU Online

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) sekaligus pelantikan pengurus lembaga-lembaga dan badan khusus, di Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya, Jawa Barat, pada 24-26 Maret 2022.

Agenda itu merupakan hasil dari keputusan rapat gabungan syuriyah-tanfidziyah PBNU, usai menyusun kelengkapan lembaga-lembaga dan membentuk tiga badan khusus, di Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia), Parung, Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/3/2022). 

Sebelum Rakernas, PBNU terlebih dulu akan meminta lembaga-lembaga dan badan khusus menyiapkan rancangan program pada 12 Maret 2022. Sehari setelah itu, pada 13 Maret 2022, PBNU akan mengecek rancangan program yang disampaikan masing-masing lembaga. 

“Tanggal 14-15 (Maret) mendiskusikan rancangan itu kepada ketum (KH Yahya Cholil Staquf) dan sekjen (H Saifullah Yusuf) secara konsinyasi di Hotel Bidakara Jakarta,” jelas Ketua Pelaksana Rakernas PBNU H Amin Said Husni. 

Bidang keagamaan dan hubungan lembaga, beserta seluruh lembaga di bawah koordinasi Wakil Ketua Umum PBNU KH Zulfa Mustofa akan melakukan konsinyasi pada 14 Maret 2022, pukul 14.00 WIB. Dilanjut bidang ekonomi dan lingkungan hidup serta kesejahteraan dan budaya di bawah koordinasi Wakil Ketua Umum PBNU KH Sayyid Muhammad Hilal Al Aidid, pada 14 Maret 2022, pukul 19.00 WIB.

Kemudian, bidang pendidikan dan hukum di bawah koordinasi Wakil Ketua Umum PBNU Prof Nizar Ali mendapatkan jadwal konsinyasi rancangan program, pada 15 Maret 2022, pukul 14.00 WIB. Lalu bidang organisasi, keanggotaan, dan kaderisasi di bawah koordinasi Wakil Ketua Umum PBNU Nusron Wahid akan melakukan konsinyasi, pada pukul 19.00 WIB.

“Kemudian Rakernas tanggal 24, 25, 26 Maret 2022. Tempatnya di Pondok Pesantren Cipasung. Tanggal 24 malam itu pembukaan sekaligus pengukuhan seluruh pengurus lembaga dan badan khusus, serta penandatanganan nota kesepahaman dengan beberapa kementerian, yakni Kementerian Bappenas dan Kementerian Agama,” terang Amin Said. 

“Pada esok harinya (25 Maret 2022) seharian penuh, kita akan melakukan pembahasan secara pleno keseluruhan hasil rancangan program, sehingga pada hari ketiga (26 Maret) kita sudah bisa pulang ke rumah masing-masing untuk ancang-ancang melaksanakan program kerja,” tambahnya. 

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBNU H Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan bahwa penyusunan pengurus lembaga dan badan khusus sudah mencapai 80 persen. Ia menekankan, peran dan pekerjaan menjadi hal utama dalam kepengurusan lembaga. 
 

“Kepengurusan ini menitikberatkan pada peran dan pekerjaan yang telah disiapkan,” harap Gus Ipul. 

Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Syakir NF

Al-Musthofa Publication Akhir Maret, PBNU Akan Gelar Rakernas dan Pengukuhan Lembaga di Pesantren Cipasung

Al-Musthofa Publication Akhir Maret, PBNU Akan Gelar Rakernas dan Pengukuhan Lembaga di Pesantren Cipasung

Source link