Berita

Aklamasi, Gus Nabil Kembali Terpilih untuk Pimpin Pagar Nusa

Al-Musthofa Publication Aklamasi, Gus Nabil Kembali Terpilih untuk Pimpin Pagar Nusa

Jakarta, NU Online

Muchamad Nabil Haroen terpilih menjadi Ketua Umum Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa untuk masa khidmah 2022-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres IV Pagar Nusa di Padepokan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu, (7/12/2022).

Gus Nabil, sapaan akrabnya, ditetapkan setelah unggul dalam pemungutan suara pada tahap pencalonan. Dari total 273 suara sah peserta kongres, ia mendapat 190 suara dan Sholahul Aam Notobuwono atau Gus Aam mendapat 84 suara.

“Sesuai dengan tatib, kita tetapkan Gus Nabil sebagai ketua umum Pagar Nusa 2022-2027.” Kata pimpinan sidang pleno kongres dari PBNU H Umarsyah yang didampingi Lukman Khakim. Tepuk tangan peserta kongres pun gemuruh.

Pria yang kerapkali memakai blangkon itu lalu disilakan memberi sambutan. Ia mengungkapkan, angka-angka hasil pemungutan suara yang ada di papan tulis tidaklah terlalu penting. Yang penting bagi Pagar Nusa, sambungnya, adalah bagaimana membangun dan meneruskan apa yang selama ini sudah dilaksanakan secara bersama-sama.

“Saya tegaskan dan saya pastikan, tidak ada lagi pendukung Gus Nabil atau bukan Gus Nabil. Siapa pun yang ada di ruangan ini, semuanya adalah sahabat saya,” imbuhnya.

Gus Nabil juga mengapresiasi para peserta kongres yang kritis dalam sidang. “Teman-teman yang tadi menyampaikan kritik, menyampaikan saran, mereka adalah orang-orang hebat. Mereka adalah orang-orang yang juga ingin membangun Pagar Nusa dengan caranya,” ucapnya, disambut gemuruh tepuk tangan hadirin.

Formatur yang berhasil ditetapkan untuk merancang kepengurusan Pagar Nusa adalah: Sumatera Selatan, Banten, Kalimantan Timur, Papua dan Bali. Meski begitu, Gus Nabil mengaku formatur hanyalah formalitas. Ia akan berkonsultasi kepada pengurus tingkat provinsi. “Saya akan mengakomodir seluruh wilayah,” katanya.

Muchamad Nabil Haroen lahir pada 25 Juli 1984 di Temanggung, Jawa Tengah. Ia menempuh pendidikannya di Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur. Semenjak di pesantren, ia aktif di organisasi dan sempat menjadi pemimpin redaksi Majalah Misykat.

Sebelumnya, Gus Nabil terpilih sebagai Ketua Umum Pagar Nusa masa khidmah  2017-2022 dalam Kongres PSNU Pagar Nusa Ke-III di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, Jumat (5/5/2017). Hari ini, di tempat yang sama, ia dipercaya memimpin organisasi pendekar silat NU untuk periode kedua.

Kontributor: Ahmad Naufa
Editor: Syakir NF

Al-Musthofa Publication Aklamasi, Gus Nabil Kembali Terpilih untuk Pimpin Pagar Nusa

Source link