Maahad Al Musthofa Mobile

Jakarta, NU Online

Ketua Organizing Committee sekaligus Anggota Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia (KPP RI) yang juga Anggota Komisi IX DPR RI, Arzeti Bilbina mengajak seluruh undangan untuk mengingat bagaimana perjuangan perempuan dalam berbagai isu mulai dari memperjuangkan pengupahan yang layak, partisipasi dalam pemilihan umum hingga menjadi pejabat publik.


“Dari kerja keras itulah, kaum perempuan saat ini dapat memperoleh hak-haknya tersebut,” ujar Arzeti saat pembukaan pameran foto di Selasar Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (8/3) sebagaimana dilansir dpr.go.id


Legislator Daerah Pemilihan Jawa Timur I itu menyampaikan bahwa sejak dahulu perempuan sudah memperjuangkan diri untuk mendapat kesetaraan haknya. “Kita memperingati Hari Perempuan Internasional, di mana kita diingatkan bagaimana sejarah perempuan mendapatkan kesetaraan haknya baik dari segi budaya maupun politik,” ujarnya.


Lebih lanjut, dia menjelaskan keterlibatan perempuan di dalam parlemen yang semakin aktif dan partisipatif. Hal itu terbukti dengan jumlah total perempuan Anggota DPR Periode 2019-2024 mencapai 118 orang. Lebih dari itu, untuk pertama kalinya, Ketua DPR RI dijabat oleh perempuan.


KPP RI mengadakan pameran foto dan talkshow dengan tema “Kiprah Perempuan Parlemen, Jalan Harapan Bangsa”. Kedua acara tersebut dilangsungkan bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap tanggal 8 Maret.


Melalui pameran foto yang berlangsung dari 8-18 Maret 2021 tersebut, Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyampaikan, pameran foto tersebut menghadirkan para legislator perempuan dalam berbagai sudut pandang.


Arzeti juga berharap pameran foto ini dapat menginspirasi bagi seluruh masyarakat terkait kesetaraan gender dan dapat menjadi api semangat dalam menegakkan keadilan gender itu.


Pembukaan pameran foto Kaukus Perempuan Parlemen ini dihadiri Ketua DPR RI Puan Maharani, Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin, Sufmi Dasco Ahmad, Rachmat Gobel dan Abdul Muhaimin Iskandar. Hadir pula Ketua Presidium KPP-RI Diah Pitaloka, Sekjen KPP-RI Luluk Nur Hamidah, dan seluruh anggota parlemen perempuan lainnya.


Pewarta: Syakir NF

Editor: Fathoni Ahmad

Maahad Al Musthofa Mobile

Source link