Berita

Ansor Aceh Agendakan PKL Perdana untuk Kader Militan

Al-Musthofa Publication Ansor Aceh Agendakan PKL Perdana untuk Kader Militan

Banda Aceh, NU Online

Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Provinsi Aceh dalam waktu dekat akan menggelar Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) Angkatan I di Dayah Mahyal Ulum Al-Aziziyah Sibreh Kabupaten Aceh Besar.


Ketua PW GP Ansor Aceh, Azwar A Gani, menyampaikan bahwa pelatihan tersebut dijadwalkan selama 5 hari, Rabu-Ahad, 27-31 Oktober 2021. 


“Insya Allah, akhir bulan ini, PW Ansor Aceh akan menggelar PKL perdana. Peserta pelatihan ini merupakan delegasi Pimpinan Cabang (PC) dari 14 kabupaten/kota, dan Pimpinan Wilayah (PW) Aceh,” ungkap Azwar kepada NU Online, Jumat (8/10/2021) malam.


Baginda, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa menjadi seorang kader harus militan dan pandai membaca situasi dan kondisi. Menjadi kader NU, GP Ansor, atau banom NU lainnya tidak sekedar kader ‘karbitan’ dan hanya mengetahui wallahul muwaffiq ilaa aqwamith thariq. Akan tetapi, juga harus mengikuti pengkaderan berjenjang dari bawah.


“Era digital seperti saat ini, kader Ansor harus mampu iqra bukan hanya yang tertulis, namun juga kondisi terkini. Terlebih di tengah arus kemajuan teknologi dan informasi, makanya jajaran Nahdliyin, khususnya di Ansor, harus mengikuti jenjang kaderisasi,” tegasnya.


Jenjang kaderisasi tersebut, lanjut dia, dimulai dari Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD), Pelatihan Kemimpinan Lanjutan (PKL), hingga Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN).


“Begitu juga seperti di NU harus mengikuti Madrasah Kader Nahdlatul ulama (MKNU) baru itu disebut kader, sehingga kader tersebut tuntas dan benar benar mencintai lembaga atau organisasi tersebut,” ujarnya.


Ia menuturkan, PKL tersebut menjadi program perdana di masa kepengurusannya. Bahwa dengan kepemimpinannya tersebut akan membuat gebrakan baru dengan memperbanyak pengkaderan, baik di tingkat kecamatan, kabupaten/kota maupun provinsi.


“Selain itu, kita juga akan memfokuskan kegiatan-kegiatan terkait kepemudaan, keagamaan, dan kemanusiaan,” tandas Baginda.


Angin segar di PW Ansor

Menanggapi akan digelarnya PKL, PC Ansor Kabupaten Pidie Jaya menyambut baik acara tersebut. Sekretaris PC Ansor Pidie Jaya Tgk Zaharullah mengatakan, hendaknya PKL akhir bulan ini mampu memberikan kontribusi dan angin segar di tubuh PW Ansor periode ini.


“Acara ini sangat penting, terlebih di provinsi paling ujung di Nusantara ini, hendaknya acara pengkaderan jajaran Ansor terus ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitas,” katanya.


“Kami berharap PKL tersebut dapat menciptakan kader yang loyal, cerdas, dan mengabdi tanpa pamrih kepada negara, ulama, dan organisasi, baik Ansor maupun NU,” sambung Tgk Zaharullah.


Dosen STIS Ummul Ayman Meureudu ini menyebutkan, melahirkan kader-kader yang loyal sangatlah susah. Mencari orang yang loyal pada negara dan ulama terutama loyal pada lembaga atau organisasi Nahdlatul Ulama memang tak mudah.


“Meskipun demikian, kami sangat berharap gebrakan yang dilakukan PW Ansor Aceh dengan PKL Perdana ini mampu melahirkan kader Aswaja yang militan dan mencintai ulama serta siap mengabdi demi kemajuan organisasi serta menjaga keutuhan NKRI dan Pancasila,” tutupnya.


Kontributor: Helmi Abu Bakar

Editor: Musthofa Asrori

Al-Musthofa Publication Ansor Aceh Agendakan PKL Perdana untuk Kader Militan

Source link