Maahad Al Musthofa Mobile

Way Kanan, NU Online

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan, Lampung memanfaatkan peluang usaha untuk pemberdayaan ekonomi. Usaha yang dilakukan yaitu membuka warung makanan dan minuman dengan aneka menu.

 

Sekretaris PAC Ansor Baradatu, Rofi’i dan Wakil Sekretaris Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Way Kanan, Nufi M Yusuf adalah dua orang yang diberi mandat untuk mengelola warung tersebut.

 

“Pengelolaan warung diberikan sepenuhnya kepada kita, baik permodalan maupun penjualannya. PAC Ansor Baradatu membantu dalam fasilitas tempat dan ruang usaha bagi kader Ansor yang memiliki minat dan tekad dalam berwirausaha,” ujar Nufi, Sabtu (13/3). 

 

Dari peluang tersebut, ia dan Rofi’i berinisiatif untuk menggandeng generasi muda di KBNU yang memiliki potensi untuk menjadi pelaku usaha. “Alhamdulillah, hal ini disambut baik oleh saudara-saudari kita baik dari Fatayat, Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), maupun Ansor sendiri,” tambah Demisioner Ketua PC Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Way Kanan Periode 2017-2019 tersebut. 

 

Untuk saat ini, demikian Nufi menjelaskan, pihaknya menyediakan menu makanan ringan dan kopi. Adapun produk unggulan yang disajikan dari KBNU antaranya; Seblak Fatayat NU Way Kanan, Kerupuk Seblak Bantet dan Lumpia Krunchi Original dan Pedas IPPNU Way Kanan, serta Roti Bakar PAC Ansor Baradatu. 

 

Untuk sistem penjualan, pihaknya tidak menggunakan sistem bagi hasil, melainkan ia hanya mengambil sedikit keuntungan dari hasil jual.

 

“Produk yang dititipkan kita bayar dengan harga yang telah ditetapkan, kita hanya mengambil dari keuntungan saja. Akan tetapi kita menerapkan sistem bayar dengan produk yang terjual saja, misal nanti ada produk yang sudah mencapai batas waktu kadaluwarsa maka akan dikembalikan pada pemilik,” jelasnya. 

 

Sementara itu, Rofi’i mengatakan, ia dan Nufi memberanikan diri membuka usaha, melihat letak lokasi yang strategis. Selain dekat dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainal Abidin Pagar Alam (ZAPA) Way Kanan yang ramai, juga masih sepi penjual. Apalagi jangkauan ke rumah warga setempat cukup jauh. 

 

Terkait promosi usaha, Rofi’i mengatakan, untuk saat ini mereka berupaya memanfaatkan media sosial dan warga NU sebagai upaya menarik minat pelanggan dan mempromosikan produk yang dimiliki. Ke depan mereka berharap dari usaha ini, banyak dapat menyokong perekonomian organisasi, terkhusus bagi Ansor Baradatu.

 

“Bagi warga NU yang melintas, jangan lupa mampir di warung kita (Wong NU). Lebih tepatnya di Jalan Lintas Sumatera, berada di seberang RSUD ZAPA Negeri Baru Way Kanan,” tuturnya.

 

Kontributor: Disisi Saidi Fatah

Editor: Syamsul Arifin

Maahad Al Musthofa Mobile

Source link