Berita

Arab Saudi Belum Kirim Undangan Haji ke Negara Manapun

Arab Saudi Belum Kirim Undangan Haji ke Negara Manapun

Al-Musthofa Publication Arab Saudi Belum Kirim Undangan Haji ke Negara Manapun

Jakarta, NU Online

Duta Besar Kerajaan Saudi Arabia untuk Indonesia Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi menegaskan bahwa sampai saat ini, Kerajaan Arab Saudi belum mengirimkan undangan haji ke negara manapun di dunia termasuk ke Indonesia. Hal ini karena kondisi pandemi Covid-19 yang belum juga reda.


Sampai sekarang pun belum ada negara yang mendapatkan kuota haji 2021. Terkait dengan Informasi 11 negara yang sudah diizinkan masuk ke Arab Saudi, ia menegaskan bahwa 11 negara tersebut tidak memiliki keterkaitan dengan perjalanan ibadah haji dan umrah. Negara yang diizinkan masuk ke Arab Saudi itu hanya mendapat izin perjalanan bisnis dan lainnya.


Dalam kondisi dan situasi ini, Syekh Essam menghargai sikap dan kebijakan Pemerintah Indonesia yang membatalkan keberangkatan jamaah haji ke Arab Saudi pada tahun ini. Pembatalan haji ini menurutnya sama sekali tidak terkait dengan hubungan Indonesia dan Saudi yang kurang baik.


Beberapa kalangan sebelumnya memang menilai pembatalan ini akibat masalah diplomasi. Hal ini ditegaskannya guna meluruskan pemberitaan tentang haji yang ramai di media, terlebih setelah Kementerian Agama mengumumkan Pembatalan Keberangkatan Haji secara resmi.


“Masalah pembatalan keberangkatan jamaah haji Indonesia tidak ada kaitannya dengan hubungan baik yang sudah terjalin antara Saudi dan Indonesia. Tidak ada pula hubungannya dengan penggunaan merek vaksin tertentu dan produsen tertentu seperti yang selama ini berkembang di media,” ujarnya saat kunjungannya ke Kantor MUI Pusat, Jakarta dilansir laman MUI, Selasa (8/6).


Apa yang disampaikan Syekh Essam ini sesuai dengan keterangan yang disampaikan Plt Menteri Media/Penerangan Saudi Majid bin Abdullah Al-Qashabi beberapa waktu lalu yang mengungkapkan bahwa mutasi virus Covid-19 dan kelangkaan vaksin menjadi salah satu alasan mengapa Arab Saudi belum mengeluarkan kebijakan resmi tentang haji.


“Kami tidak ingin haji tahun ini menjadi episentrum penyebaran penyakit di Kerajaan (Saudi) atau dunia Islam,” kata Al-Qasabi.


Al-Qasabi menambahkan bahwa dalam waktu dekat ini Menteri Kesehatan dan Haji Arab Saudi akan mengumumkan kepastian terkait ibadah haji tahun ini. “Menteri perdagangan pada hari Minggu mengkonfirmasi bahwa rincian musim haji tahun ini akan diumumkan oleh Menteri Kesehatan dan Haji dalam beberapa hari mendatang,” dilansir dari Saudi Press Agency (SPA).


Pewarta: Muhammad Faizin

Editor: Kendi Setiawan

Al-Musthofa Publication Arab Saudi Belum Kirim Undangan Haji ke Negara Manapun

Source link