Berita

Arti Mimpi tentang Kambing, Sapi, Kuda dan Ayam

Al-Musthofa Publication Arti Mimpi tentang Kambing, Sapi, Kuda dan Ayam


D iantara mimpi yang sering dialami orang adalah mimpi tentang hewan. Secara umum ulama mu’abbirîn mengelompokkan mimpi yang berkaitan dengan hewan dalam empat kategori.

 

Pertama, hewan yang baik secara mutlak, yakni hewan yang bermanfaat bagi manusia. Seperti kuda, kambing, ayam, sapi dan semisalnya.

 

Kedua, hewan yang buruk secara mutlak, yakni hewan yang membahayakan secara umum. Seperti, hewan buas, ular, kalajengking dan semisalnya.

 

Ketiga, hewan yang dinilai punya kebaikan dan keburukan. Seperti berbagai macam hewan buruan. Seperti serigala, burung rajawali anjing dan semisalnya.

Keempat, hewan yang dinilai tidak punya kebaikan dan keburukan. Seperti lalat, semut, kumbang dan semisalnya.

 

Selain dengan empat kategori ini, ada pula ulama yang mengelompokkan hewan berdasarkan habitatnya. Meliputi daratan berpenduduk (pedesaan dan perkotaan), hutan, udara dan air. Pembahasan mimpi tentang hewan dalam tulisan ini merujuk pada pengelompokan yang pertama. 

 

Mimpi tentang Kambing

Mimpi tentang kambing bagi orang yang memiliki, merawat atau menggembalanya, memiliki arti ia akan mendapatkan rejeki, keuntungan, atau akan mendapatkan wanita. Jika dalam dunia nyata ia memiliki kambing betina dan orang yang bermimpi belum menikah, maka mimpi tentang kambing memiliki ia akan segera menikah. 

 

Jika kambing dimilikinya adalah kambing betina jenis domba, maka wanita yang akan dinikahinya adalah wanita yang memiliki kecantikan dan derajat. Tapi jika kambing betina yang ia miliki jenis kambing kacang (Jawa), maka wanita yang akan dinikahinya adalah wanita fakir yang bisa saja memiliki aib. Perbedaan ini dikarenakan kambing domba memiliki bulu yang cenderung lebat, berbeda dengan kambing kacang.

 

Mimpi tentang Sapi, Banteng dan Kerbau

Mimpi tentang sapi bagi orang yang memilikinya punya beberapa arti yang meliputi kehidupan, wanita, rumah, keuntungan, atau pelayanan. Arti mimpi tersebut sama halnya ketika seseorang bermimpi tentang kerbau, hanya saja kadar yang didapat oleh orang yang bermimpi tentang kerbau melebihi dari kadar  yang didapat orang yang bermimpi tentang sapi. Sebab kerbau lebih banyak memproduksi susu dibandingkan sapi. 

 

Adapun bermimpi tentang banteng memiliki arti lelaki yang banyak menebar manfaat untuk orang lain. Jika ia bermimpi diseruduk oleh banteng, maka mimpi tersebut menunjukkan arti ia akan tersakiti oleh orang yang menunjukkan atau mengarahkan banteng itu kepadanya.

 

Mimpi tentang Kuda

Kuda memiliki beragam arti. Di antaranya adalah kemuliaan, pangkat, keuntungan, wanita, anak dan mendapatkan pertolongan melawan musuh. Jika dalam mimpinya kuda dipasangi pelana, maka mimpi demikian mengandung arti orang yang bermimpi akan mendapatkan pangkat tinggi, hidup nyaman, wanita memiliki bekal harta, anak bermanfaat atau pertolongan dalam menguasai suatu hal. Mimpi tentang kuda memiliki arti baik, berdasarkan penilaian secara umum kuda hanya dimiliki oleh orang yang memiliki harta banyak atau pangkat tinggi. 

 

Mimpi tentang Ayam

Dalam menafsiri ayam, perlu diperinci apakah ayam yang terbesit dalam mimpi adalah ayam jantan atau betina. Jika ayam jantan maka mengandung isyarat lelaki yang memiliki suara atau wajah yang bagus. Setelah seseorang bermimpi ayam jantan, lantas ia berinisiatif membeli ayam jantan, maka ia akan dikaruniai anak laki-laki, membeli rumah baru, mendapatkan hidup nyaman, kedatangan orang yang telah lama pergi darinya, atau akan mendengar kabar tentangnya. 

 

Bermimpi ayam jantan terkadang juga mengandung arti orang yang bermimpi akan menjadi penceramah, pedagang, muadzin, atau penjaga. Sedangkan jika ia bermimpi dipatuk ayam jantan atau diganggu oleh suara ayam berkokok, maka mimpi tersebut menunjukkan arti kalau ia akan mengalami kesusahan dalam hidupnya.

 

Mimpi ayam betina mengandung isyarat tentang wanita yang banyak memiliki keturunan, sedangkan bermimpi mendengar lengkingan suara ayam betina maka menunjukkan arti kesusahan dan kesedihan yang akan dialami. Wallâhu a’lam. (Abul Abbas Ahmad bin Abdurrahman, Qawâ’idu Tafsîril Ahlâm, [Beirut, Muassasatur Rayyân: 2000 M], cetakan pertama, halaman 275-287).

 


Gus M Ali Zainal Abidin, Pengajar di Pesantren Annuriyyah Kaliwining, Rambipuji, Jember.

 

Al-Musthofa Publication Arti Mimpi tentang Kambing, Sapi, Kuda dan Ayam

Source link