Berita

Arti Mimpi tentang Tikus, Laba-laba dan Semut

Al-Musthofa Publication Arti Mimpi tentang Tikus, Laba-laba dan Semut

Melanjutkan pembahasan tentang berbagai tafsir mimpi tentang hewan. Tulisan ini akan membahas arti mimpi tentang tikus, laba-laba dan semut.


Mimpi tentang Tikus 

Tikus dalam mimpi menunjukkan isyarat wanita fasik, sedangkan tikus dalam jumlah banyak menunjukkan arti rejeki. Jadi, orang yang bermimpi ada tikus berkeliling di dalam rumahnya, maka menunjukkan kalau dia akan mendapatkan rejeki. Sebab tikus tidak akan berada dalam suatu tempat kecuali di tempat tersebut ada rejeki untuknya. Namun kadang mimpi ada tikus di rumah juga menunjukkan kalau rumah akan dikunjungi wanita berperangai buruk. 


Jika orang justru bermimpi ada tikus keluar dari rumahnya,  maka menunjukkan arti kalau ia akan mendapatkan sedikit berkah dan kenikmatan dari rumahnya.


Jika seseorang bermimpi membunuh tikus, maka kalau dia akan menang melawan wanita yang memiliki perilaku buruk. Jika ia bermimpi melempari tikus dengan batu, maka menunjukkan kalau ia akan menggunjing wanita yang buruk perangainya, atau ia membiarkan seorang wanita melakukan kebiasaan buruk. Adapun tikus yang tertutupi oleh suatu benda, seperti kain atau pakaian, maka mimpi tersebut menunjukkan isyarat akan ada pencuri. (Abdul Ghani an-Nabulusi, Ta’thîrul Anâm fî Tafsîril Ahlâm, [Al-Amiriyah], juz II, halaman 132).


Mimpi tentang Laba-laba

Laba-laba dalam mimpi menunjukkan kemungkinan dua arti. Pertama, wanita selingkuh. Kedua, laki-laki penipu yang lemah. Mimpi orang tentang sarang laba-laba menunjukkan arti kalau rumahnya telah rapuh dan sudah tidak kokoh. Penafsiran ini berdasarkan isyarat dari ayat:


وَإِنَّ أَوْهَنَ الْبُيُوتِ لَبَيْتُ الْعَنْكَبُوتِ (العنكبوت: 41)


Artinya, “Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba.” (QS al-‘Ankabut: 41).


Jika seseorang bermimpi melihat sekumpulan laba-laba, maka menunjukkan arti kalau dalam hidupnya dikelilingi banyak orang yang hendak menipunya. Sebaiknya jika seseorang bermimpi melihat sekumpulan laba-laba segera menjauhi orang-orang yang dicurigai akan menipunya, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 


Meski demikian, ada pula ada ulama pakar tafsir mimpi yang mengartikan mimpi laba-laba dengan arti lelaki yang akan menjalani masa zuhud dalam hidupnya, sehingga mimpi dirinya berubah menjadi laba-laba menunjukkan arti ia akan bertaubat dari dosa-dosanya, taat beribadah dan menjauhi hiruk-pikuk kemerlap dunia. (Abu Bakr Muhammad bin Umar al-Ihsani, Jâmi’u Tafsîril Ahlâm, [Doha, Dâruts Tsaqâfah, 1988], juz I, halaman 76).


Mimpi tentang Semut 

Semut dalam mimpi menunjukkan isyarat arti sekelompok kaum lemah. Kadang semut juga bermakna keluarga dan pasukan. Seseorang yang bermimpi ada banyak semut di tempat tidurnya, maka menunjukkan arti kalau dia akan dikaruniai banyak anak. Jika ia bermimpi melihat segerombolan semut masuk ke rumahnya dengan mengangkut makanan, maka menunjukkan arti kalau di rumahnya banyak kebaikan. Sedangkan jika ia bermimpi melihat segerombolan semut keluar dari rumahnya dengan mengangkut makanan, maka menunjukkan arti kalau ia akan dilanda kefakiran.


Jika seseorang bermimpi melihat semut keluar dari sarangnya, maka menunjukkan arti kalau ia akan mengalami kesusahan. Jika ia bermimpi semut keluar dari salah satu lubang tubuhnya, seperti telinga, hidung dan mulut, sedangkan dia dalam keadaan bahagia, maka menunjukkan arti kalau ia akan mati syahid. Jika orang sakit bermimpi melihat ada semut yang merayap di atas tubuhnya, maka menunjukkan arti ia akan meninggal karena sakit yang di deritanya.


Jika seseorang bermimpi membunuh semut, maka artinya ia telah melakukan dosa yang disebabkan oleh tindakannya kepada kelompok lemah. Sedangkan mimpi melihat semut besar menunjukkan isyarat terbunuh bagi orang yang berperang, mati bagi orang yang sakit dan kepayahan serta penyesalan bagi orang yang hendak bepergian. Wallâhu a’lam. (An-Nabulusi, Ta’thîrul Anâm, juz II, halaman 307-308).

 

 

Gus M Ali Zainal Abidin, Pengajar di Pesantren Annuriyyah Kaliwining, Rambipuji, Jember.

Al-Musthofa Publication Arti Mimpi tentang Tikus, Laba-laba dan Semut

Source link