Berita

Asah Kemampuan Teknologi Santri, RMI PBNU Adakan Kompetisi

Al-Musthofa Publication Asah Kemampuan Teknologi Santri, RMI PBNU Adakan Kompetisi

Jakarta, NU Online

Guna menjaring inovasi, kreativitas, dan pemecahan masalah teknologi, Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar Kompetisi Santri 4.0 dalam rangka penguatan kompetisi dan daya saing santri di era digital, kegiatan ini terwujud atas kerjasama dengan Amazon Web Service (AWS).


Kompetisi ini sebagai upaya untuk mengasah kemampuan teknologi dan diperuntukkan bagi master trainer ataupun guru pada program “Laptop for Builder” AWS dan RMI, serta bagi santri di se-Indonesia.


Manager Program Laptop for Builder PP RMI, Hatim Ghazali mengatakan, melalui kompetisi yang bertajuk Dari Santri untuk Pesantren dan Umat Islam tersebut, para santri diminta membuat proposal proyek untuk mengembangkan pesantren dan umat Islam melalui pemanfaatan teknologi, menggunakan layanan AWS.


“Adapun penekanan proyek proposal di kompetisi ini ialah pembuatan suatu aplikasi atau sistem yang nantinya dapat membantu pesantren ataupun dunia Islam,” katanya dalam webinar dan sosialisasi Kompetisi Santri 4.0 yang digelar secara virtual, Ahad (11/7).


Sepuluh proposal proyek terbaik akan mendapatkan pendampingan khusus dari para ahli. Ide dan gagasan dalam proposal yang dibuat peserta tersebut akan mendapatkan bantuan pelatihan dan pendampingan agar realisasinya terarah dan sesuai dengan kebutuhan dan benar-benar memberi manfaat bagi pesantren dan umat Islam.


Melalui kompetisi ini diharapkan banyak santri yang ikut berpartisipasi dan menghasilkan produk digital yang sedang dibutuhkan, baik insan pesantren maupun umat Islam terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19.


“Kami berharap ada banyak santri yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, sehingga dengan inovasi dan proyek yang dibuat oleh santri tersebut, pesantren tidak lagi tertinggal dalam proses pembangunan,” tutur Hatim.


Selain sebagai amal jariah untuk pesantren dan umat Islam, produk terbaik dari hasil kompetisi akan mendapatkan hadiah dengan total Rp. 40 juta sebagai penghargaan kepada santri.


Adapun ketentuan dan jadwal kompetisi, sebagai berikut:


A.    Ketentuan

  • Setiap peserta wajib memiliki akun di AWS (tutorial pembuatan akun bisa dilihat melalui website festival RMI NU).
  • Kompetisi bisa diikuti oleh perorangan atau kelompok (2-3 orang tiap kelompok).
  • Peserta dapat mengumpulkan lebih dari satu proposal proyek.
  • Membuat proposal proyek sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

B.     Jadwal Kompetisi

  1. Pengumpulan proposal dimulai 15 Juli hingga 1 Agustus 2021.
  2. Seleksi proposal dilakukan pada 2-8 Agustus 2021.
  3. Pengumuman 10 peserta terbaik 9 Agustus 2021.
  4. Pelatihan dan Bimbingan 10 peserta terbaik 11 Agustus hingga 4 September 2021.
  5. Pengumuman pemenang 12 September 2021.

 

 

Informasi lebih lanjut terkait kompetisi ini bisa dilihat secara rinci melalui akun instagram @pp_rminu atau mengunjungi website https://festival.rmi-nu.or.id

 

Al-Musthofa Publication Asah Kemampuan Teknologi Santri, RMI PBNU Adakan Kompetisi

Source link