Maahad Al Musthofa Mobile

Pamekasan, NU Online

Badan Ansor Anti Narkoba (BAANAR) Kabupaten Pamekasan Jawa Timur menyambut hangat program Desa Bersih dari Narkoba (Bersinar). Program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi  RI tersebut dinilai sangat dibutuhkan oleh masyarakat di tengah kian merebaknya penyalahgunaan narkoba.


“Kami BAANAR Kabupaten Pamekasan mengapresiasi program tersebut. Kami siap bergandengan tangan dengan para kepala desa dalam memerangi narkoba lewat program Bersinar,” tegas Wakil Kepala BAANAR Kabupaten Pamekasan, Moh. Zayyadi saat ditemui di kantor PC GP Ansor Pamekasan, Jalan R Abd Aziz Nomor 95, Jungcangcang, Pamekasan, Kamis (25/3).


Berbicara tentang narkoba, tegas Dosen Universitas Madura (Unira) Pamekasan itu, menjadi tanggung jawab semua pihak, begitu pula tentang desa bersih dari narkoba.


Ia berharap program Bersinar  mampu menekan angka penggunaan narkoba di desa. Utamanya di Kabupaten Pamekasan yang tergolong tinggi dalam penyalahgunaan narkoba.


Guna menjadi mitra dalam realisasi program Bersinar Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi  RI, Zayyadi menegaskan, saat ini pihaknya sedang mematangkan konsep kerja sama di internal kepengurusan. Khusus di bulan Maret, BAANAR Kabupaten Pamekasan fokus pada sosialisasi bahaya narkoba ke pesantren-pesantren di Kabupaten Pamekasan.


“Pada Sabtu (27/3) mendatang, BAANAR Pamekasan diundang untuk menjadi pemateri bahaya laten narkoba di Ponpes Bettet, Pamekasan,” ucapnya.


Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Pamekasan Syafiuddin mendorong BAANAR Pamekasan untuk terus proaktif. Program kerja BAANAR yang sudah disusun, diharapkan bisa terealisasi secara maksimal.


“Termasuk program Bersinar ini, BAANAR harus tampil terdepan menjalin kemitraan. Itu penting dilakukan karena BAANAR sejauh ini cukup serius dalam meretas solusi atas persoalan bahaya narkoba di Kabupaten Pamekasan,” tegas Wakil Ketua DPRD Pamekasan itu.


Untuk diketahui, BAANAR Pamekasan selama 5 tahun terakhir bergerak aktif dalam bidang sosialisasi pencegahan bahaya narkoba. Sasarannya lingkungan pondok pesantren dan sekolah-sekolah di daerah perkotaan dan pedesaan.


Pada kepengurusan saat ini, gerak BAANAR Pamekasan tidak hanya di bidang pencegahan. Namun, juga terlibat dalam rehabilitasi para pencandu narkoba.


Para pencandu narkoba yang direhab dan sembuh, diberi kesempatan untuk bertaubat. Salah satunya dirangkul menjadi bagian anggota BAANAR Kabupaten  Pamekasan.


Pewarta: Hairul Anam

Editor: Aryudi A Razaq

Maahad Al Musthofa Mobile

Source link