Berita

Bangun Hunian Tetap, LAZISNU Realisasikan Program Pemulihan Pascagempa Sulbar

Al-Musthofa Publication Bangun Hunian Tetap, LAZISNU Realisasikan Program Pemulihan Pascagempa Sulbar

Jakarta, NU Online

NU Care-LAZISNU memulai program pemulihan (recovery) pascabencana gempa bumi di berbagai titik di Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar)

 

Seperti diketahui, gempa bumi yang terjadi di Sulbar pada Januari 2021 menyisakan duka warga terdampak. Tidak sedikit dari warga Sulbar yang harus kehilangan keluarga dan tempat tinggal mereka. Bahkan, banyak pula warga yang harus merelokasi tempat tinggal mereka ke tempat yang baru, karena lokasi lama tak bisa ditempati. 

 

Program pemulihan direalisasikan meliputi bantuan pembangunan hunian tetap (huntap) di Kecamatan Mamuju, Tapalang Barat, Simboro, dan Malunda di Kabupatem Mamuju. Sementara di Majene program dilaksanakan di antaranya di Kecamatan Ulumanda.

 

Penanggungjawab program, Slamet Tuharie mengatakan selain bantuan huntap, dalam program yang bertajuk NU Peduli Gempa Sulbar ini, juga ada bantuan MCK, renovasi ruang kelas untuk pondok pesantren, bantuan untuk pemulihan UMKM, dan bantuan school kits.

 

“Program recovery pascagempa Sulbar tersebut merupakan penyaluran donasi konsumen Indomaret yang digalang melalui gerai-gerai Indomaret di seluruh Indonesia pada periode 22 Januari sampai 31 Maret 2021,” kata Slamet Rabu (25/6) saat mengunjungi salah satu titik kegiatan di Mamuju.

 

Ia optimistis, sesuai dengan target, pada akhir Juli 2021, seluruh program pemulihan pascagempa Sulbar hasil kerja sama NU Care-LAZISNU dan Indomaret selesai dikerjakan dan dapat diserahterimakan kepada masyarakat.

 

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sulawesi Barat, Adnan Nota, menyampaikan bahwa bantuan tersebut sangat bermanfaat untuk masyarakat di Sulbar.

 

“Kami mewakili masyarakat Sulawesi Barat menyampaikan terima kasih kepada NU Care-LAZISNU, Indomaret yang telah berkolaborasi, sehingga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Sulbar,” kata Adnan Nota dalam kunjungannya ke lokasi penerima bantuan hunian tetap di Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Selasa (24/6).

 

Turut serta dalam kunjungan tersebut Sekretaris PWNU Sulawesi Barat Muhammad Syahril, Ketua NU Care-LAZISNU Sulawesi Barat Ahmad, dan Ketua LPBINU Sulawesi Barat Ikwan Wahid.

 

Editor: Kendi Setiawan

Al-Musthofa Publication Bangun Hunian Tetap, LAZISNU Realisasikan Program Pemulihan Pascagempa Sulbar

Source link