Berita

Banjir Landa 3 Kabupaten, NU Aceh Galang Bantuan

Al-Musthofa Publication Banjir Landa 3 Kabupaten, NU Aceh Galang Bantuan

Banda Aceh, NU Online 
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Aceh menggalang bantuan dari masyarakat untuk membantu warga terdampak bencana banjir dan longsor tiga kabuptan yakni Aceh Tenggara, Aceh Tamiang, dan Kota Langsa.

Sekretaris PWNU Aceh Tgk Asnawi M Amin, Sabtu (5/11/2022) mengatakan selain bantuan dana dari para donatur baik kalangan Nahdliyin maupun masyarakat biasa, PWNU juga menyiapkan bantuan nondana baik berupa sembako dan barang kebutuhan lainnya. Teknis penanganannya akan disiapkan lembaga atau perangkat PWNU berserta banomya yang terkait dengan penanganan masalah kebencanaan.

“Sehubungan dengan musibah longsor dan banjir bandang yang menimpa saudara kita di Aceh Tenggara, Aceh Tamiang dan Kota Langsa yang menyebabkan sebagian penduduk diungsikan ke daerah aman, maka PWNU Aceh bermaksud meringankan beban mereka dengan memberikan bantuan,” lanjutnya.

Ia menambahkan donasi dapat disalurka melalui rekening Bank Aceh Syariah nomor  610.01.08.000112-8 atas nama PWNU Aceh. Bukti pengiriman agar dikirimkan ke WA group PWNU atau Ansor atau Indra Kariadi.

“Kami sudah mengkoordinasikan dengan beberapa lembaga di bawah NU dan banom seperti Ansor, PMII, Pergunu dan lainnya untuk mengambil langkah-langkah cepat dan taktis agar dapat segera mengulurkan bantuan ke daerah yang terkena musibah tersebut,” ujarnya.

Tgk Asnawi menambahkan, agar bantuan masyarakat  melalalui PWNU Jateng penyalurannya tepat sasaran maka semua bantuan yang dihimpun itu akan disalurkan melalui satu komando di bawah koordinasi NU dan banomnya.

Sementara itu Ketua PW Ansor Aceh Azwar A Gani mengajak kepada kader Ansor seluruh Aceh melakukan donasi bantuan banjir kepada tiga Kabupaten yang dilanda banjir sangat parah.

“Kami telah mengintruksikan untuk melakukan donasi dan melakukan evaluasi korban banjir kepada Ansor dan Banser di Aceh terutama daerah yang terdampak banjir terparah akhir tahun ini,” sambungnya.

Azwar mengatakan menurut informasi yang diterimanya menyebutkan sebanyak 44 desa di sejumlah kecamatan Aceh Tamiang terisolasi akibat banjir. Imbasnya, 7.103 keluarga terpaksa mengungsi ke 190 titik.Tentunya keseluruhan Gampong yang terkena banjir 125 kampung dan kampung yang terisolasi atau susah dijangkau sebanyak 44 kampung.

Sosok yang akrab disapa Baginda itu menjelaskan gampong atau desa yang terisolasi tersebar di Kecamatan Bandar Pusaka sebanyak 13 kampung, Tamiang Hulu 1 desa, Sekerak 10 desa, Kejuruan Muda sebanyak 9 kampung, Bendahara 8 kampung, Rantau 1 desa, dan Banda Mulia 2 desa. Wilayah itu dilaporkan sulit dilalui kendaraan.

Kontributor: Helmi Abu Bakar
Editor: Kendi Setiawan

Al-Musthofa Publication Banjir Landa 3 Kabupaten, NU Aceh Galang Bantuan

Source link