Berita

Banser Dirikan 500 Posko Mudik se-Indonesia, Ini Titik Lokasinya

Al-Musthofa Publication Banser Dirikan 500 Posko Mudik se-Indonesia, Ini Titik Lokasinya

Jakarta, NU Online

Barisan Ansor Serbaguna (Banser) akan mendirikan 500 posko mudik yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Kepala Satuan Koordinasi Nasional (Satkornas) Banser Hasan Basri Sagala Nomor 679/SKN-SE/IV/2022 Tentang Instruksi Pembentukan Posko Mudik Lebaran 1443 H/2022 M. SE ini diterbitkan di Jakarta pada 13 April 2022.

Di dalam SE ini, Kepala Satkornas menginstruksikan kepada Kepala Satkorwil dan Kepala Satkorcab Banser di seluruh Indonesia untuk membuat Posko Mudik Banser Taat Protokol Kesehatan di masing-masing daerah. Posko didirikan di tempat-tempat strategis bertujuan membantu pemudik saat perjalanan menuju tempat masing-masing. 

Seluruh satuan Banser diminta juga untuk melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak-pihak lain untuk terselenggaranya kegiatan Posko Mudik.

 

Selain itu, melaporkan situasi dan kondisi secara berkala kepada Ketua Umum PP GP Ansor H Yaqut Cholil Qoumas dan Kasatkornas Banser melalui Koordinator Posko Mudik Banser 2022. 

Kepala Asisten Kegiatan Satkornas Banser HM Sidik Sisdiyanto mengatakan, sesuai instruksi yang tertera di dalam SE tersebut, kegiatan pengamanan jalur mudik akan dimulai pada H-7 hingga H+7 Hari Raya Idul Fitri 1443 H. 

“Kegiatan Posko Mudik Banser 2022 kami namakan Posko Mudik Persaudaraan Banser Taat Protokol Kesehatan. Kegiatan posko antara lain kampanye keselamatan berkendara, kampanye protokol kesehatan, kampanye moderasi beragama,” ungkap Sidik kepada NU Online, Ahad (24/4/2022) malam.

Disebutkan, dari 500 posko mudik yang didirikan Banser di seluruh Indonesia itu akan berlokasi di beberapa titik strategis yang akan dilewati para pemudik, terutama tempat-tempat yang representatif. Di antaranya, posko akan berada di depan masjid, SPBU, rest area, serta jalur pelabuhan dan bandara. 

“Posko mudik Banser berada hampir di setiap titik rawan dan titik strategis sepanjang jalur mudik. Minimal di satu cabang satu posko mudik seluruh Indonesia,” ucap Sidik. 

Beberapa titik lokasi utama Posko Mudik Banser 2022 akan berada di Sumatera Selatan hingga Bali (Tol Nyambung), Banten (Merak), Jawa Barat (Nagrek), Jawa Tengah (Pejagan-Semarang), Jawa Timur (Sidoarjo-Probolinggo), dan Sulawesi Selatan (Pelabuhan Makassar).

Sebelumnya diberitakan, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memiliki dua agenda mudik bareng pada tahun ini.

 

Pertama, agenda mudik yang diadakan melalui kerja sama antara Lembaga Takmir Masjid (LTM) dengan Kementerian Agama (Kemenag) RI yang berangkat dari Masjid Istiqlal, pada Senin (25/4/2022) hari ini. 

Kedua, mudik gratis yang diselenggarakan NU Care-LAZISNU bersama Bank Mandiri yang keberangkatannya pada Rabu (27/4/2022) dari IRTI Monas dan Kantor PBNU Jalan Kramat Raya 164, Jakarta Pusat. 

Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Fathoni Ahmad

Al-Musthofa Publication Banser Dirikan 500 Posko Mudik se-Indonesia, Ini Titik Lokasinya

Source link