Berita

Bantuan Tahap Ketiga NU Peduli untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur Sasar Anak-Anak dan Lansia

Al-Musthofa Publication Bantuan Tahap Ketiga NU Peduli untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur Sasar Anak-Anak dan Lansia

Jakarta, NU Online 
Tim NU Peduli Gempa Cianjur kembali menyalurkan bantuan untuk warga terdampak gempa bumi Cianjur. Rombongan membawa barang-barang bantun dengan tiga mobil truk. Bantuan tahap ketiga dari NU Peduli ini dilepas dari kantor NU Care-LAZISNU PBNU, Jakarta Pusat, pada Kamis (8/12/2022) malam.

Ketua LAZISNU PBNU Habib Ali Hasan Al Bahar mengatakan bantuan yang ditipkan melalui LAZISNU PBNU dari warga dan seluruh donator baik di dalam negeri maupun mancanegara. Pihaknya juga mengatakan kiprah NU Peduli mengatasi dampak bencana alam selama ini termasuk gempa bumi Cianjur, tak lepas dari dukungan, doa, dan arahan dari pengurus tanfidziyah dan syuriyah PBNU.

“Terima kasih kami ucapkan kepada rais ‘aam, ketua umum, seluruh jajaran pengurus PBNU atas dukungannya terus menerus kepada kami Tim NU Peduli,” kata Habib Ali Hasan.

Habib Ali menyebutkan, rombongan selain dari pengurus LAZISNU PBNU juga terdiri dari Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU).

“LAZISNU PBNU bersama Lembaga Kesehatan (LK) PBNU, dr Citra Fitri Agustina (Sekretaris) dan anggota pengurus LK PBNU Rudi Syafruddin, akan menyalurkan bantuan ke Cianjur,” kata Habib Ali.

Ia berharap bantuan yang telah dan akan disalurkan bagi warga Cianjur akan bermanfaat serta membawa dampak yang baik. “Cianjur harus bangkit, harus pulih,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris LAZISNU PBNU Moesafa menambahkan sejumlah donasi yang masuk hingga saat ini adalah hasil bantuan yang dihimpun dari LAZISNU PWNU, LAZISNU PCNU, dan LAZISNU PCINU, seperti dari Hong Kong, Taiwan yang kemudian diteruskan ke rekening LAZISNU PBNU.

“Ada juga dari LAZISNU PCNU Bangka Selatan, LAZISNU PCNU Paser, Mukomuko, Tulang Bawang Barat, Kota Waringin Timur, Sorong, Sulawesi Selatan, dan dari pihak-pihak (donatur) yang lain,” ujar Moesafa.

Berdasarkan laporan, hingga saat ini total bantuan mencapi Rp326.108.506.

Sekretaris LK PBNU dr Citra Fitri Agustina menyampaikan bantuan untuk warga terdampak gempa Cianjur tidak cukup hanya berupa logistik, tetapi juga kesehatan.

“Dan saat ini bantuan bidang kesehatan terus berlangsung, seperti pelayanan kesehatan, aksi psikososial bagi yang mengalami masalah psikologis,” katanya. 

Direktur Eksekutif NU Care-LAZISNU PBNU Qohari Cholil menyampaikan bantuan tahap ketiga tersebut merupakan bantuan perlengkapan kesehatan seperti obat-obatan dan kebutuhan untuk balita serta lansia. 

Bantuan tersebut berdasarkan asesmen lanjutan yang dilakukan Tim NU Peduli yang mendampingi warga di pos lapangan NU Peduli sejak hari pertama setelah bencana gempa bumi. 

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Syamsul Arifin 

Al-Musthofa Publication Bantuan Tahap Ketiga NU Peduli untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur Sasar Anak-Anak dan Lansia

Source link