Berita

Belajar Kesuksesan Koin NU Pringsewu, LAZISNU Lampung Utara Gelar Bimtek

Al-Musthofa Publication Belajar Kesuksesan Koin NU Pringsewu, LAZISNU Lampung Utara Gelar Bimtek

Kotabumi,NU Online
Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah  Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Program Kotak Infak (Koin) NU, pada Ahad (20/11/2022). Kegiatan ini diikuti oleh 46 peserta yang merupakan pengurus UPZISNU se-Kabupaten Lampung Utara.

Kegiatan yang diselenggarakan di Pesantren Al-Munawaroh Mulyo Rejo 2 Kecamatan Bunga Mayang ini menghadirkan Manajer Eksekutif LAZISNU PCNU Pringsewu Kabul Muliarto sebagai narasumber. Hal ini dilakukan sebagai upaya belajar pengelolaan Koin NU dari Pringsewu yang telah berhasil mengelolanya melalui Kotak Koin Pondasi Akhirat.

Dalam penjelasannya, Kabul Muliarto memaparkan berbagai macam Langkah yang bisa ditempuh LAZISNU Lampung Utara untuk memaksimalkan Koin. Di antaranya adalah dengan melakukan penguatan kelembagaan di setiap tingkatan. Hal ini penting agar target yang ditentukan bersama dapat dicapai.

Kabul juga memaparkan tentang program-program kerja yang dilakukan Pringsewu yang bisa diadopsi di Lampung Utara. Pengelolaan dan profesionalisme dalam menjalankan program kerja sangat penting agar kepercayaan masyarakat dapat terus dipertahankan.

Menurut Kabul, hal ini telah terbukti di Pringsewu dengan berbagai program kerja yang dapat menyentuh dan dirasakan langsung oleh masyarakat. Di antaranya adalah dalam sektor kesehatan, pendidikan, sosial, keagamaan, penanganan bencana alam, permodalan usaha, dan sebagainya. 

Kabul menyebutkan, perolehan dana dari Koin pun terus meningkat yang pada periode Januari-September 2022, LAZISNU Pringsewu berhasil menghimpun lebih dari Rp1,2 miliar. Dana yang terhimpun tersebut digunakan untuk program jangka pendek, menengah, dan jangka panjang.

Sementara Ketua LAZISNU Lampung Utara Prayitno berharap program Koin NU yang telah dilakukan di Lampung Utara bisa dimaksimalkan. Upaya yang dilakukan di antaranya dengan melakukan Bimtek dengan pemateri yang sudah berpengalaman.

“Program Koin NU di Lampung Utara sudah berjalan tapi belum maksimal. Kami mengajak kepada pengurus UPZIS untuk terus semangat menggerakan program Koin NU di wilayahnya masing-masing,” kata Prayitno.

Wakil Ketua PCNU Lampung Utara Kiai Sarifuddin memberikan apresiasi kepada LAZISNU dan UPZIS Lampung Utara yang telah melaksanakan dan mengikuti Bimtek. Ia berharap seluruh pengurus dapat menjalankan kepengurusan dengan baik, melaksanakan program dengan baik, dalam rangka menuju kemandirian organisasi khusus untuk Nahdlatul Ulama Lampung Utara.

Hadir pada pembukaan kegiatan Wakil Rais PCNU Lampung Utara Kiai Imam Sayuti, Pengasuh Pesantren Al-Munawarah Kiai Ahmad Shodiq, dan para Pengurus MWCNU Wilayah 2 Bunga Mayang. 

Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan

Al-Musthofa Publication Belajar Kesuksesan Koin NU Pringsewu, LAZISNU Lampung Utara Gelar Bimtek

Source link