Berita

Buka PIW PD-PKPNU Sumatera III, Katib Syuriyah: Target 1.000 Instruktur

Al-Musthofa Publication Buka PIW PD-PKPNU Sumatera III, Katib Syuriyah: Target 1.000 Instruktur

Oku Timur, NU Online
Pendidikan Instruktur Wilayah Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PIW PD-PKPNU) Sumatera III resmi digelar dan dimulai pada Jumat (16/12/2022). Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari pada 16-18 Desember 2022 di Pesantren Nurul Huda Sukaraja OKU Timur Sumatera Selatan.

 

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari 3 provinsi yakni Sumsel, Lampung, dan Bangka Belitung. Jumlah peserta sebanyak 120 orang di kegiatan kali ini, juga merupakan yang terbanyak dari PIW PD-PKPNU yang telah digelar.

 

Saat membuka acara tersebut Dewan Instruktur Pusat PD-PKPNU sekaligus Katib Syuriyah PBNU KH Muhyidin Tohir mengatakan bahwa kegiatan PIW ini merupakan angkatan yang ketiga. Untuk pulau Sumatera dibagi menjadi 3 zona yang sudah digelar sebelumnya di Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan saat ini di Sumatera Selatan.

 

“Ini adalah proses kaderisasi di NU untuk menjadi instruktur. Perlu diingat bahwa kegiatan ini adalah pendidikan untuk instruktur bukan pendidikan narasumber,” tegasnya.

 

Instruktur jelasnya, adalah pendidik yang bakal selalu mendampingi para peserta PD-PKPNU dari awal sampai akhir kegiatan. “Kalau hanya narasumber, setelah memberi materi boleh pulang,” jelasnyaa.

 

Kiai Muhyidin mengungkapkan bahwa melalui kegiatan PIW PD-PKPNU ini PBNU menargetkan 1.000 instruktur sampai dengan September 2023. Semakin banyak instruktur yang dicetak maka kegiatan kaderisasi bisa digelar secara masif di seluruh wilayah di Indonesia.

 

Selanjutnya dengan masifnya kaderisasi, maka akan semakin banyak kader yang akan menjadikan pergerakan NU semakin masif dengan program-programnya. Semakin banyak kader NU maka akan semakin terwujud program-program NU di semua tingkatan.

 

“Niati dengan ikhlas ikut PIW PD-PKPNU ini sebagai bentuk khidmah kepada NU dan menjadi santri dari Hadratussyekh KH Hasyim Asyari,” pintanya.

 

Hadir pada pembukaan PIW PD-PKPNU ini Pengasuh Pesantren Nurul Huda yang juga Rais Syuriyah PWNU Sumsel KH Affandi, Ketua Tanfidziyah PWNU Sumsel KH Amiruddin Nahrowi, dan Staf Ahli Gubernur Sumsel H Firmansyah.

 

Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Aiz Luthfi

Al-Musthofa Publication Buka PIW PD-PKPNU Sumatera III, Katib Syuriyah: Target 1.000 Instruktur

Source link