Berita

Cabang Olahraga Wushu Diharapkan Berkembang di Pesantren

Al-Musthofa Publication Cabang Olahraga Wushu Diharapkan Berkembang di Pesantren

Rembang, NU Online
Wushu sebagai salah satu dari 14 cabang olahraga unggulan dalam Grand Design Olahraga Nasional Kemenpora RI diharapkan makin dikenal luas masyarakat, termasuk di lingkungan pesantren yang dinilai memiliki potensi kuat di bidang seni bela diri.

 

Ketua Pengurus Cabang Wushu Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, M. Bisri Cholil Laquf mengatakan, wushu banyak melahirkan altet kaliber nasional maupun internasional, salah satunya petinju dunia, Chris John. Pihaknya pun kini rajin melakukan pendampingan terhadap calon pendekar wushu.

 

Ia berharap olahraga wushu semakin familiar di daerahnya dan kian diminati oleh publik luas tanpa kecuali, termasuk di kalangan santri.

 

“Tidak menutup kemungkinan, nanti wushu kita upayakan agar bisa masuk dan diterima oleh masyarakat pesantren, yang selama ini mungkin cabor (cabang olahraga) wushu asing di telinga mereka,” katanya, Sabtu (12/3/2022).

  

Menurut pria yang akrab disapa Gus Ipul ini, pesantren memiliki banyak bibit unggul dalam seni bela diri. Olahraga bela diri wushu, tambahnya, mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan apabila senantiasa rutin berlatih.

 

“Wushu dapat meningkatkan kekuatan, stamina, fleksibilitas, melatih koordinasi tubuh, dan melatih keseimbangan. Pada intinya, terdapat segudang manfaat wushu bagi Kesehatan,” kata Gus Ipul yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Rembang ini.

 

Gus Ipul, pada Sabtu itu, mendampingi bibit-bibit pendekar wushu yang sedang berlatih di SMAN 1 Sulang Rembang. “Alhamdulillah wushu di Rembang selama ini eksis dan berkembang pesat,” paparnya diiringi harapan wushu terus tumbuh lebih luas di lintas kelompok masyarakat.

 

Wushu telah menjadi cabang olahraga yang rutin dipertandingkan di kompetisi resmi olahraga antarnegara. Cabang olahraga wushu ini juga menjadi penyumbang medali emas bagi Indonesia dari kejuaraan dunia, SEA Games dan Asian Games.

 

Selain wushu, 13 cabang lain yang masuk kategori cabang olahraga unggulan dalam Grand Design Olahraga Nasional Kemenpora adalah bulu tangkis, angkat besi, panjat tebing, panahan, menembak, karate, taekwondo, balap sepeda, atletik, renang, senam artistik, dan pencak silat.

 

Editor: Mahbib Khoiron

Al-Musthofa Publication Cabang Olahraga Wushu Diharapkan Berkembang di Pesantren

Al-Musthofa Publication Cabang Olahraga Wushu Diharapkan Berkembang di Pesantren

Source link