Berita

Cinta Kasih dalam Keluarga Perlu Dikuatkan di Saat Pandemi

Al-Musthofa Publication Cinta Kasih dalam Keluarga Perlu Dikuatkan di Saat Pandemi

Bekasi, NU Online

Penguatan cinta dan kasih sayang antar-anggota keluarga menjadi kekuatan penting dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang saat ini belum juga mereda. Langkah ini diwujudkan dengan saling mendukung dan kompak dalam menjalankan protokol kesehatan yang dimulai dari keluarga.


Hal ini dikatakan Sekretaris Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Bekasi, Wulan Mayasari Rabu (30/6) menyikapi fenomena penambahan kluster keluarga akhir-akhir ini. Ia menambahkan bahwa keluarga merupakan wadah pertama dalam mengedukasi Covid-19 khususnya kepada anak-anak agar bisa beradaptasi dengan kebiasan baru, baik di rumah maupun di lingkungan sekitar.


“Untuk itu, semua harus diawali dengan komunikasi dan kolaborasi yang baik di mulai dengan berbagi peran khususnya ketika harus di rumah saja,” kata Wulan.


Menghadapi wabah virus yang terus melonjak saat ini, orang tua bisa memberi edukasi agar anggota keluarga menerapkan hidup sehat, bersih, dan selalu mematuhi protokol kesehatan. Hal itu menurutnya tidak bisa dilakukan hanya oleh salah satu anggota keluarga saja misalnya ibu.


Membangun keharmonisan keluarga di tengah pandemi juga tak kalah penting, apalagi saat mengalami kesulitan ekonomi. Diperlukan komunikasi yang baik untuk menambah penghasilan dengan membuka usaha dan juga melakukan penghematan dalam membelanjakan harta.


Selain itu, perlu juga untuk mengatur emosi dalam menyelesaikan masalah yang muncul dengan membuat komitmen jangka pendek atau panjang selama pandemi. “Komitmen ini untuk mengajarkan setiap anggota keluarga supaya lebih disiplin dan tanggung jawab,” ujarnya.


Selain itu, penting menciptakan suasana yang menyenangkan di tengah pandemi dengan membangun kebersamaan. Pasalnya di masa pandemi, anak lebih banyak di rumah dan memerlukan pengawasan orang tua.


“Jika kita berupaya menjalin keharmonisan keluarga di tengah pandemi akan tercipta kasih sayang antar anggota keluarga,” kata Wulan yang kini menjabat Komisioner Bidang Pelayanan Bimbingan Konseling KPAD Kabupaten Bekasi ini.


Wulan menyampaikan terciptanya keluarga harmonis juga dapat membentuk anak-anak menjadi generasi penerus yang berakhlak dan beretika. Oleh karena itu keluarga harus menjadi contoh yang baik.


Kontributor: Suci Amaliyah

Editor: Muhammad Faizin

Al-Musthofa Publication Cinta Kasih dalam Keluarga Perlu Dikuatkan di Saat Pandemi

Source link