Berita

Di Tengah Duka karena Siklon Seroja, Nahdliyin NTT Semangat Bantu Warga Palestina

Al-Musthofa Publication Di Tengah Duka karena Siklon Seroja, Nahdliyin NTT Semangat Bantu Warga Palestina

Kupang, NU Online

Hampir seluruh wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT) diterjang badai siklon tropis Seroja pada 4 dan 5 April 2021 yang lalu. Bencana itu menyebabkan rumah warga, tempat usaha, dan fasilitas publik lainnya rusak berat.

 

Catatan BNPB, peristiwa itu menyebabkan sebanyak 86 orang meninggal dunia, sementara 98 orang dilaporkan hilang, dan lebih dari 2.000 orang terdampak banjir bandang dan tanah longsor.

 

Ketua NU Care-LAZISNU NTT, Abdul Syukur menceritakan Kota Kupang porak poranda. “Seng (atap rumah) beterbangan, jalan-jalan hancur, listrik mati, lilin tak ada, gelap. Sedih saat itu,” ungkap Syukur, Selasa (15/6).

 

Namun, bencana alam tersebut tidak menyurutkan semangat kepedulian dan berbagi dari warga Kota Kupang dan sekitarnya. Melalui NU Care-LAZISNU, warga pun mengumpulkan bantuan untuk rakyat Palestina.

 

Sumbangan yang telah terkumpul selanjutnya diserahkan kepada Pengurus Pusat NU Care-LAZISNU saat kunjugan PP NU Care-LAZISNU di kantor PWNU NTT, Kota Kupang.

 

“Sumbangan alakadarnya ini dari warga NU di NTT untuk Palestina, yang digalang oleh NU Care-LAZISNU NTT bersama Lakpesdam NU NTT. Tidak banyak, tapi mudah-mudahan bisa membantu dan bermanfaat,” lanjut Ketua Lakpesdam NU NTT, Srihatun, usai penyerahan donasi.

 

Srihatun menerangkan, penggalangan donasi tersebut diupayakan atas arahan PBNU untuk menggalang bantuan bagi rakyat Palestina, yang penyalurannya dilakukan satu pintu melalui NU Care-LAZISNU.

 

“Ketika penggalangan donasi untuk Palestina, tidak sedikit pihak yang mengatakan bahwa kita (warga NTT) saja masih kesusahan, malah galang dana untuk Palestina. Saya jawab, seberapa pun bantuan, itu akan sangat membantu rakyat Palestina,” kata Srihatun.

 

Penanggungjawab penyaluran bantuan untuk NTT dari PP NU Care-LAZISNU, Slamet Tuharie, menyampaikan bahwa donasi tersebut akan segera disalurkan untuk rakyat Palestina.

 

Slamet Tuhari mengatakan saat ini NU Care-LAZISNU tengah fokus pada penggalangan bantuan untuk warga Palestina, khususnya program layanan kesehatan bagi warga di sana.

 

Sementara itu, pada kunjungan ke NTT adalah dalam rangka berkoordinasi terkait penyaluran bantuan pemulihan (recovery) untuk warga terdampak bencana badai siklon Seroja di NTT yang terjadi pada April lalu.

 

“Agenda kami ke sini silaturahmi, dan berkoordinasi untuk penyaluran bantuan recovery di NTT, seperti pembangunan MCK, juga penyaluran bantuan kebutuhan pokok untuk warga yang terkena dampak dari bencana siklon Seroja. Ini adalah amanah dari donatur, dan mudah-mudahan bermanfaat, berkah,” pungkasnya.

 

Kontributor: Wahyu Noerhadi

Editor: Kendi Setiawan

Al-Musthofa Publication Di Tengah Duka karena Siklon Seroja, Nahdliyin NTT Semangat Bantu Warga Palestina

Source link