Maahad Al Musthofa Mobile

Jember, NU Online

Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kencong, Kabupaten Jember Jawa Timur menitik beratkan pada pemberdayaan dalam lima tahun ke depan. Terjangan virus Corona yang sampai hari ini masih terus berlangsung dan mengakibatkan sendi-sendi ekonomi bangsa porak-poranda, membuat Fatayat NU Kencong terpacu untuk menggarap pemberdayaan masyarakat.


“Saya kira yang paling pas di masa pandemi ini, adalah menggerakkan ekonomi masyarakat, karena dampak ekonomi Covid-19 cukup parah,” ujar Ketua PC Fatayat NU Kencong, Kabupaten Jember, Emy Fatmawati di sela-sela pelantikannya di aula Dira Park Kencong, Sabtu (27/2).


Emy menegaskan, selain pemberdayaan ekonomi, pihaknya juga akan memberikan pendampingan terhadap masyarakat, khususnya kaum wanita. Sebab terkadang wanita mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan, atau bahkan hak-haknya dilanggar oleh pihak lain.


“Kita nanti siapkan tim advokasi untuk melayani dan menangani pengaduan wanita terkait persoalan yang menimpanya. Ini juga pemberdayaan. Kita advokasi agar wanita berdaya, tidak lemah sehingga tak mudah dipermainkan orang lain” jelasnya.


Emy menambahkan, selama ini pihaknya tidak jarang menerima pengaduan dari masyarakat terkait persoalan yang menderanya, mulai dari soal kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) hingga kenakalan anak. Karena itu, tim advokasi Fatayat NU Kencong akan berusaha melakukan pendampingan dan mencari jalan keluar agar masalah itu bisa segera diselesaikan.


“Kita akan melakukan pendampingan atau advokasi kepada masyarakat yang punya masalah. Kita tidak boleh tinggal diam jika ada masalah yang menimpa tetangga dan saudara-saudara kita yang lain. Nanti kita juga kerja sama dengan penegak hukum,” jelasnya.


Selain pemberdayaan, Emy juga menggelar pelatihan untuk meningkatkan kapasitas para daiyah di lingkungan Fatayat NU. Menurutnya, banyak di antara kader Fatayat NU yang memiliki kemampuan sebagai muballigh. Namun untuk semakin mematangkan kemampuan itu perlu diberi bimbingan dan pelatihan.


“Kita tahu banyak kader Fatayat yang mempunyai talenta di bidang dakwah,” pungkasnya.


Pelantikan yang dilakukan oleh perwakilan Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat NU Provinsi Jawa Timur, Luluk Masluchah tersebut berjalan cukup khidmah. Sebanyak 33 pengurus baru PC Fatayat NU Kencong, tampak semangat mengikuti prosesi pelantikan.


Yang menarik, dalam susunan kepengurusan PC Fatayat NU Kcncong yang baru, terdapat nama H Nur Yasin dan H Marsuki Abd. Gofur yang duduk sebagai dewan kehormatan. Keduanya adalah tokoh politik sekaligus pengusaha.


Pewarta:  Aryudi A Razaq

Editor: Muhammad Faizin

Maahad Al Musthofa Mobile

Source link