Berita

Dirjen Pendis Kemenag Sebut Madrasah Miliki Keunggulan Teknologi Kekinian

Al-Musthofa Publication Dirjen Pendis Kemenag Sebut Madrasah Miliki Keunggulan Teknologi Kekinian

Jakarta, NU Online

Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) menggelar Kompetisi Robotik Madrasah (KRM) 2021 bertema Robot For Global Pandemic di Hotel Santika Premiere Bintaro, pada 2-4 Oktober 2021. 


Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kemenag, Prof Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, KRM adalah program unggulan tahunan Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah. Kompetisi ini adalah ajang kompetisi robotik tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).


Menurut Prof Ramdhani, sejak 2014 madrasah-madrasah mulai mengikuti kompetisi robotik, baik di dalam negeri maupun mancanegara. “Hal ini menunjukkan bahwa madrasah memiliki keunggulan di bidang pengetahuan keagamaan yang kuat. Di sisi lain, mampu beradaptasi dengan teknologi kekinian,” katanya dalam keterangan pers tertulis yang diterima NU Online, Jumat (1/10/2021) malam. 


Disebutkan, terdapat 4 tema utama yang diangkat dalam ajang kompetisi robotika dan otomasi tingkat Madrasah se-Indonesia kali ini. Pertama, Robot for Health Care (Robot Peduli Kesehatan), yakni robot untuk mendukung layanan kesehatan.


Kedua, Robot for Social Care (Robot Peduli Sosial), yakni robot yang berfungsi mendukung dan media interaksi sosial yang terkendala di masa pandemi. Ketiga, Robot for Resilience (Robot untuk Ketahanan Hidup), yakni robot yang memiliki fungsi membantu manusia untuk ketahanan hidup.


Keempat, Robot for Economy Recovery (Robot untuk Pemulihan Ekonomi), yakni robot yang membantu manusia untuk pemulihan ekonomi. “Semuanya robot yang dirancang untuk membantu manusia dalam penanganan berbagai persoalan kekinian,” terangnya.


Prof Ramdhani juga menerangkan, ada beberapa output dari kegiatan KRM 2021 ini. Pertama, membantu menyelesaikan isu-isu penting dunia, yakni pandemi globalyang melanda dunia selama dua tahun terakhir ini.


Kedua, menerapkan teknologi robot untuk menjawab tantangan-tantangan yang dimunculkan oleh Covid-19, baik itu di bidang kesehatan, sosial, ekonomi, dan ketahanan hidup.


Ketiga, menginspirasi generasi penerus untuk sadar akan bahaya Covid-19 dan memecahkan masalah-masalah yang ditimbulkan dari Covid-19 ini. Keempat, memberikan kontribusi dalam memecahkan masalah manusia di muka bumi. 


“Dalam konteks dedikasi ini kita mencoba menerjemahkan hadits Rasulullah saw yang menyebut bahwa kita berorientasi menciptakan insan terbaik. Melalui kompetisi robotik ini kita diajarkan untuk memberikan manfaat,” terangnya.


Sebagai informasi, KRM atau Madrasah Robotics Competition (MRC) 2021 diikuti oleh 490 tim robotik yang mendaftar, terdiri atas 69 tim Madrasah Ibtidaiyah (MI), 182 tim Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 239 tim Madrasah Aliyah (MA).

 

Tim Robotik Madrasah yang mendaftar berasal dari 23 provinsi. 5 provinsi dengan jumlah pendaftar terbanyak ialah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Bali, dan Banten. Sementara, 5 provinsi dengan pendaftar minim lainnya adalah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara,  Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.


Berikut tahapan pelaksanaan KRM 2021:

1. Sosialisasi dan Pendaftaran  Daring (Online) pada  7 Juli-31 Agustus 2021.

2. Seleksi administrasi, makalah dan video pada Jumat-Ahad 3-5 September 2021 (25-28 Muharam 1443).

3. Pengumuman Peserta lulus seleksi administrasi pada Rabu 8 September 2021 (1 Shafar 1443).

4. Konfirmasi Kesediaan Mengikuti Kompetisi pada Jum’at-Jum’at  10-17 September 20213 (3 Shafar 10 Shafar 1443).


5.  Pengarahan (Briefing) Rancang Bangun MI, MTs, MA daring (online) pada Ahad 19 September 2021 (5 Shafar 1443).

6. Gladi Resik Kompetisi Rancang Bangun MI, MTs, MA, daring (online) pada Jum’at 1 Oktober 2021 (24 Shafar 1443).

7. Kompetisi Rancang Bangun MI, MTs, MA daring (online) pada Sabtu-Ahad  2-3 Oktober 2021 24-25 Shafar 1443).

8. Kompetisi Mobile Robot, langsung (offline) tatap muka pada Sabtu-Ahad 16-17 Oktober2021 9-10 Robi’ul Awwal 1443).


Kontributor: Syifa Arrahmah

Editor: Musthofa Asrori

Al-Musthofa Publication Dirjen Pendis Kemenag Sebut Madrasah Miliki Keunggulan Teknologi Kekinian

Source link