Berita

Doa Balik Orang yang Bersin untuk Orang di Sekitarnya

Al-Musthofa Publication Doa Balik Orang yang Bersin untuk Orang di Sekitarnya

Islam menganjurkan kita untuk membalas budi orang lain. Oleh karena itu, orang yang bersin dianjurkan untuk mendoakan balik mereka yang mendoakannya ketika ia bertahmid setelah bersin.

Anjuran untuk membalas budi secara umum dapat ditemukan dalam Al-Qur’an. Anjuran untuk mendoakan balik orang yang mendoakan orang yang bersin berasal dari Nabi Muhammad saw. Adapun lafal doa untuk mendoakan balik orang lain yang dapat dibaca adalah sebagai berikut:

يَهْدِيكُمْ اللهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ

Yahdīkumullāhu wa yuṣlihu bālakum.

Artinya: “Semoga Allah tetap memberikan petunjuk bagimu dan memperbaiki semua urusanmu.”

Rasulullah saw menganjurkan orang yang bersin untuk mendoakan balik orang sekitar yang membaca tarhim (yarḥamukallāh). Doa ini dibaca agar Allah menurunkan petunjuk dan pertolongan-Nya bagi orang bersin dan orang di sekitar yang mendoakannya.

Rasulullah saw bersabda, “Jika salah seorang dari kalian bersin, hendaklah ia membaca ‘Alḥamdulillāh.’ Sedangkan keluarga atau sahabat di sekitarnya menjawab ‘Yarḥamukallāh.’ Jika orang sekitarnya menjawab, maka ia harus mendoakannya, ‘Yahdīkumullāh wa yuṣlihu bālakum,’” (HR Bukhari).

وروينا في صحيح البخاري عن أبي هريرة أيضا عن النبي صلى الله عليه وسلم قال إذا عطس أحدكم فليقل الحمد لله، وليقل له أخوه أو صاحبه يرحمك الله، فإذا قال له يرحمك الله، فليقل يهديكم الله ويصلح بالكم

Artinya, “Diriwayatkan kepada kami di Shahih Bukhari dari sahabat Abu Hurairah ra dari Nabi Muhammad saw, ia bersabda, ‘Jika salah seorang kalian bersin, hendaklah ia mengucap ‘Alhamdulillāh,’ lalu saudara atau sahabatnya menjawab, ‘Yarhamukallāh,’ kemudian orang yang bersin merespons balik dengan ucapan ‘Yahdīkumullāh wa yushlihu bālakum,’’” (Imam An-Nawawi, Al-Azkar, [ Damaskus, Darul Mallah: 1971 M/1391 H], halaman 230).

Demikian keterangan Nabi Muhammad saw dan ulama seputar bersin, menjawab tahmid orang yang bersin, dan doa balik orang yang bersin untuk orang yang ada di sekitarnya. Wallahu a’lam. (Alhafiz Kurniawan)

Al-Musthofa Publication Doa Balik Orang yang Bersin untuk Orang di Sekitarnya

Source link