Berita

Doa dan Adab Sebelum Makan

Al-Musthofa Publication Doa dan Adab Sebelum Makan

Islam menganjurkan kita untuk berdoa sebelum makan. Islam menganjurkan kita untuk menyebut nama Allah atau membaca basmalah sebelum makan. Islam juga menganjurkan kita untuk menggunakan tangan kanan untuk makan.

Berikut ini adalah doa yang dapat dibaca sebelum makan.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَناَ فِيْمَا رَزَقْتَنا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Allāhumma bārik lanā fī mā razaqtanā wa qinā ażāban nār, bismillāhir rahmānir rahīm.

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami pada rezeki yang telah Kaukaruniakan untuk kami dan lindungilah kami dari siksa neraka. Dengan nama Allah yang maha pengasih dan maha penyayang.

Doa ini dibaca oleh Rasulullah saw ketika dihidangkan makanan. Redaksi doa ini dapat dirujuk dalam Kitab Ibnu Sunni melalui riwayat sahabat Abdullah bin Amr bin Ash ra. (Imam An-Nawawi, Al-Azkar, [Mesir, Darul Hadits: 2003 M/1424 H], halaman 217).

Doa dan basmalah dapat mendatangkan keberkahan. Rasulullah bersabda, “Setan akan makan bersama seseorang selagi ia belum menyebut asma Allah,” (HR Abu Dawud dan An-Nasai).

Rasulullah saw juga menganjurkan kita untuk membaca basmalah sebelum makan dan menggunakan tangan kanan dalam melakukan aktivitas makan sebagaimana riwayat Bukhari dan Muslim berikut ini:

روينا في صحيحي البخاري ومسلم عن عمر بن أبي سلمة رضي الله عنهما قال قال لي رسول الله صلى الله عليه وسلم سم الله، وكل بيمينك

Artinya, “Diriwayatkan kepada kami dalam Shahih Bukhari dan Muslim dari sahabat Umar bin Abi Salamah ra, ‘Rasulullah berkata kepadaku, ‘Sebutlah nama Allah dan makan dengan tangan kananmu,’’” (An-Nawawi, 2003 M/1424 H: 217).

Demikian doa dan adab makan menurut ajaran Islam. Wallahu a’lam. (Alhafiz Kurniawan)

Al-Musthofa Publication Doa dan Adab Sebelum Makan

Source link