Berita

Doa Masuk Kamar Mandi | NU Online

Al-Musthofa Publication Doa Masuk Kamar Mandi | NU Online

Islam menganjurkan kita untuk berdoa sebelum masuk ke kamar mandi. Islam menganjurkan kita untuk menyebut nama Allah atau membaca basmalah sebelum masuk ke kamar mandi. Berikut ini adalah doa yang dapat dibaca sebelum masuk ke kamar mandi:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللّٰهُمّ إِنِّي أَسْئَلُكَ الجَنَّةَ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

Bismillāhir raḥmānir rahīm. Allāhumma innī as’alukal jannah, wa a‘ūżu bika minan nār.

Artinya: “Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Ya Allah, aku memohon surga kepada-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka.”

Doa masuk kamar mandi berisi basmalah, permohonan surga, dan permohonan perlindungan dari siksa neraka. Doa ini dikutip dari Kitab Al-Azkar karya Imam An-Nawawi.

Doa ini dianjurkan oleh para ulama salaf dan diamalkan oleh orang-orang saleh terdahulu. (Imam An-Nawawi, Al-Azkar, [Mesir, Darul Hadits: 2003 M/1424 H], halaman 301).

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله (صلى الله عليه وسلم) نعم البيت الحمام يدخله المسلم، إذا دخله سأل الله عز وجل الجنة واستعاذه من النار

Artinya: “Dari sahabat Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda, ‘Sebaik-baik ruangan adalah kamar mandi yang dimasuki oleh seorang muslim yang ketika memasukinya memohon surga kepada Allah dan meminta perlindungan diri kepada-Nya dari siksa neraka,’” (HR Ibnu Sunni). (An-Nawawi, 2003 M/1424 H: 301).

Demikian doa sebelum masuk kamar mandi menurut ajaran Islam. Semoga Allah mengabulkan permohonan kita. Wallahu a’lam. (Alhafiz Kurniawan)

Al-Musthofa Publication Doa Masuk Kamar Mandi | NU Online

Source link