Berita

Galang Donasi, Gusdurian Bantu Pulihkan Ekonomi Warga Terdampak Covid-19

Al-Musthofa Publication Galang Donasi, Gusdurian Bantu Pulihkan Ekonomi Warga Terdampak Covid-19

Jakarta, NU Online

Gusdurian Peduli kembali membuka penggalangan donasi untuk membantu memulihkan perekonomian warga yang terdampak akibat Covid-19. Penggalangan donasi ini dilakukan melalui platform Kitabisadotcom.

 

Terdapat tiga cara yang dilakukan Gusdurian Peduli untuk membantu memulihkan perekonomian masyarakat terdampak Covid-19 dari hasil penggalangan donasi ini. 

 

Pertama, Gusdurian Peduli akan memberikan modal atau peralatan usaha. Kedua, memberikan bantuan promosi usaha melalui media sosial. Ketiga, memberikan pendampingan manajemen usaha.

 

Ketua Umum Gusdurian Peduli Gus A’ak Abdullah Al-Kudus menjelaskan alasan menggalang donasi ini, yakni karena pandemi Covid-19 tidak hanya membinasakan banyak orang, tetapi juga menghancurkan perekonomian dunia.

 

“Salah satu yang paling terdampak atas kehancuran ekonomi ini adalah warga masyarakat ekonomi lemah. Seperti pedagang kaki lima, penjual nasi, tukang sayur, dan masih banyak yang lainnya,” kata Gus A’ak kepada NU Online, Jumat (1/10/2021).

 

Meski dengan modal yang sangat kecil, masyarakat berusaha untuk menjalankan usaha demi mendapatkan laba sekalipun hanya seperak atau dua perak. Namun, pandemi telah menghancurkan usaha mereka. 

 

Gus A’ak menyebutkan, penjual makanan kecil yang biasa menjajakan dagangannya di sekolah, terpaksa harus berhenti berjualan karena sekolah diliburkan.

 

Begitu pula dengan pedagang kaki lima yang menjual aneka dagangan, tetapi kini harus tutup karena terdapat kebijakan pembatasan dari pemerintah. Ditambah, masyarakat yang juga masih takut untuk keluar rumah. 

 

“Hampir setahun setengah mereka menganggur, sedangkan untuk (memenuhi) kebutuhan makan sehari-hari dengan menjual aset yang mereka miliki,” ujar Gus A’ak.

 

Namun, ia menegaskan bahwa mereka yang terdampak usahanya itu bukanlah peminta-minta dan tidak terbiasa makan dari belas kasihan orang. Mereka berupaya sekuat tenaga untuk bangkit kembali dengan usahanya agar bisa melanjutkan kehidupan. 

 

“Tapi mereka sudah tidak punya aset apa pun. Peralatan usaha sudah dijual. Sementara modal kerja habis untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari. Hanya satu yang mereka punya yaitu semangat untuk bangkit kembali dari keterpurukan ekonomi,” tegas Gus A’ak.

 

Karena itu, melalui kampanye penggalangan donasi ini, Gusdurian Peduli mengajak seluruh orang baik untuk membantu masyarakat yang terkena dampak akibat Covid-19 agar bisa membangkitkan kembali roda perekonomiannya.

 

“Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana (di Kitabisadotcom) ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu,” tambah Gus A’ak.

 

Caranya, silakan masuk ke laman Kitabisadotcom, klik tombol ‘donasi sekarang’ lalu masukkan nominal donasi. 

 

Kemudian, silakan pilih metode pembayaran bisa melalui Go-Pay atau transfer lewat bank (BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI Syariah, atau kartu kredit). Selanjutnya, lakukan transfer ke nomor rekening yang tertera. 

 

Saat berita ini ditulis, penggalangan donasi Gusdurian Peduli yang dibuka per 1 Oktober 2021 itu baru terdapat Rp150.000 dari dua donatur. Donasi ini akan dibuka hingga 60 hari ke depan dengan total target perolehan Rp100 juta. 

 

Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Syamsul Arifin

Al-Musthofa Publication Galang Donasi, Gusdurian Bantu Pulihkan Ekonomi Warga Terdampak Covid-19

Source link