Maahad Al Musthofa Mobile

Hulu Sungai Tengah,  NU Online

Bekerjasama dengan Pengurus Cabng (PC) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan LPBINU Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel),  Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memberikan bantuan kepada korban banjir Hulu Sungai Tengah, Kalsel, Selasa (23/3). Bantuan yang berupa 400 bungkus nasi dan air mineral tesebut diberikan kepada korban banjir di Desa Baru Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.


Menurut Ketua Pengurus Cabang (PC) LPBINU Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Fahriansyah, bantuan tersebut dimaksudkan untuk meringankan beban korban banjir yang cukup susah karena terdampak terjangan air bah. Untuk itu, ia mengaku lega karena bantuan tersebut sudah disampaikan kepada yang berhak.


“Alhamdulillah, kami dapat menyampaikan amanah dari program ini dengan baik,” katanya.


Selain menyalurkan bantuan makanan, LPBINU Kabupaten Hulu Sungai Tengah juga memberikan trauma healing  kepada anak-anak terdampak banjir. Mereka diberikan  permainan dan hiburan  dengan harapan dapat melupakan bencana alam tersebut.


“Ini (trauma healing) sangat penting agar mereka bisa hidup normal kembali, bermain, dan sebagainya,” jelasnya.


Fahri, apaan akrabnya, menekankan pentingnya sinergi dengan semua pihak agar secara kuantitas nilai bantuan tambah meningkat, dan diserahkan kepada yang memang berhak alias tepat sasaran. Demikian juga dengan LPBINU, ia berharap agar bukan hanya BPKH yang bersinegri dengan lemabaga yang dipimpinnya, namun juga lembaga lainnya bisa bekerjasama.


“Kami sangat beharap agar badan pemerintah lainnya juga dapat menjalin sinergi dengan LPBINU, karena LPBINU adalah lembaga yang secara struktural-organisatoris merupakan pelaksana kebijakan dan program Nahdlatul Ulama di bidang penanggulangan bencana, perubahan iklim, dan pelestarian lingkungan,”  imbuh Fahri.


Sementara itu,  salah seorang aparat Desa Baru, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Sahwan mengungkapkan bahwa bantuan tersebut memang sangat diperlukan oleh korban banjir karena merupakan kebutuhan pokok.


“Dan tak lupa juga kami sampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu korban banjir di Desa Baru,” tegasnya.


Kontributor:  Novei Ahdiyat

Editor: Aryudi A Razaq

Maahad Al Musthofa Mobile

Source link