Berita

Gusdurian Peduli Mulai Bangun Huntara untuk Warga Terdampak Gempa di Cianjur

Al-Musthofa Publication Gusdurian Peduli Mulai Bangun Huntara untuk Warga Terdampak Gempa di Cianjur

Jakarta, NU Online

Relawan Gusdurian Peduli telah memulai pembangunan hunian sementara (huntara) bagi warga terdampak gempa di Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (26/11/2022). Huntara itu dibangun di Desa Limbangansari, Kecamatan Cianjur.

Huntara itu diharapkan dapat digunakan warga terdampak gempa Cianjur yang selama ini tinggal di beberapa posko pengungsian dengan keadaan serba terbatas. 

Pembangunan huntara ini dilakukan setelah sebelumnya para relawan Gusdurian Peduli menyalurkan sejumlah bantuan kepada warga terdampak gempa Cianjur di beberapa lokasi pengungsian. Bentuk bantuan tersebut di antaranya sembako, terpal, dan air mineral.

“Selain bantuan sembako, kemudian bantuan terpal dan tikar, mulai tiga hari yang lalu (Sabtu) itu sudah mulai bikin huntara (hunian sementara), di desa Limbangansari, Cianjur,” ungkap Ketua Umum Gusdurian Peduli A’ak Abdullah Al-Kudus (Gus A’ak), saat dihubungi NU Online, Senin (28/11/2022) malam.

Ia menggambarkan kondisi medan di lokasi bencana yang cukup menantang karena perbukitan. Cuaca akhir-akhir ini yang hampir setiap hari turun hujan juga menjadi kendala yang cukup berat untuk para relawan dalam menyalurkan bantuan.

Meski begitu, para relawan tetap menyalurkan bantuan kepada warga terdampak gempa di Cianjur, sebagai amanah dari para donatur yang telah menitipkan hartanya melalui Gusdurian Peduli. Namun, fokus para relawan Gusdurian Peduli saat ini kepada warga di pengungsian yang terdekat dari pusat Cianjur.

“Untuk hari ini kita cari yang terdekat dulu, karena memang semua masih ke atas. Kita biasanya menunggu sampai dua minggu, baru kita sisir lagi semua tempat pengungsian kalau-kalau di situ masih ada penyintas yang belum mendapat bantuan atau kehabisan bantuan,” ungkap Gus A’ak.

Gusdurian Peduli masih membuka donasi melalui laman Gusdurian Peduli Korban Gempa Cianjur. Hingga berita ini diturunkan, telah terkumpul uang senilai Rp18.734.457 dari target Rp100 juta dengan tenggat waktu hingga 22 hari ke depan. 

Data Korban Jiwa

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per Senin (28/11/2022) pukul 17.00 WIB mencatat, korban meninggal dunia bertambah menjadi 323 jiwa, setelah tim gabungan berhasil menemukan dua jenazah di Kecamatan Cijedil. Dengan begitu, warga yang masih dinyatakan hilang menjadi sembilan orang. 

Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Kendi Setiawan

Al-Musthofa Publication Gusdurian Peduli Mulai Bangun Huntara untuk Warga Terdampak Gempa di Cianjur

Source link