Maahad Al Musthofa Mobile

Jakarta, NU Online

Kongres ke-20 Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) telah usai pada Kamis (25/3/2021). Muhammad Abdullah Syukri (Gus Abe) terpilih sebagai nakhoda baru Pengurus Besar (PB) PMII periode 2021-2023 dan Maya Muizzatil Lutfillah memimpin Kopri PB PMII pada periode yang sama.


Terdapat berbagai pekerjaan rumah yang harus terus dilakukan PMII. Karena itu, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memiliki harapan besar kepada organisasi kemahasiswaan yang berhaluan Islam Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah itu. 


Sekretaris Jenderal PBNU H Ahmad Helmy Faishal Zaini memberikan ucapan selamat atas terpilihnya kepemimpinan baru PMII itu. Ia mengharapkan, PMII tetap konsisten dalam membangun dan memperkuat basisi intelektual di berbagai kampus seluruh Indonesia, tentu dengan bernafaskan ajaran Islam yang moderat. 


“Kami menyampaikan selamat dan sukses. Semoga dengan kepemimpinan baru ini dapat menjadikan PMII sebagai elemen strategis bangsa. Terutama dalam membangun penguatan basis intelektual kampus dengan corak Islam wasathiyah,” tutur Helmy kepada NU Online, Kamis (25/3).


Helmy berharap, PMII dan Kopri mampu membangun sinergisitas untuk bersama-sama mengembangkan nilai-nilai moderasi Islam di kalangan mahasiswa Indonesia. Sebagai organisasi kemahasiswaan, PMII juga diharapkan mampu mengambil peran strategis di berbagai lini. 

 

“Kami mengharapkan PMII mengembangkan moderasi di kalangan mahasiswa Indonesia, sekaligus mengambil peran-perang penting dalam era media sosial. Baik dalam bidang dakwah, pendidikan, dan juga ekonomi,” harap Helmy. 

 

gus abe dan maya pb pmii

 

Sementara itu, Ketua PBNU H Robikin Emhas juga menyampaikan ucapan selamat sekaligus harapan untuk Ketua Umum PB PMII dan PB Kopri yang baru terpilih. Harapannya, kedua nakhoda itu mampu mengemban amanah hingga 2023 mendatang. 


“Selamat kepada Sahabat Muhammad Abdullah Syukri dan Sahabati Maya Muizzatil Lutfillah sebagai Ketua Umum PB PMII dan Ketua Umum PB Kopri,” ucap Robikin, melalui akun Instagram pribadinya. 


“Semoga senantiasa diberi pertolongan dan kekuatan dalam mengemban amanah, sehingga lancar, sukses, dan berkah. Amin,” harapnya. 


Sebagaimana diketahui, Muhammad Abdullah Syukri merupakan kader PMII Cabang Malang. Ia pernah mengemban amanah sebagai Ketua Komisariat PMII Universitas Brawijaya (UB). Biro Kaderisasi PMII Malang 2011-2013 itu juga menjabat sebagai Ketua Biro Beasiswa Bidang Hubungan Internasional PB PMII 2017-2020.


Sedangkan Maya merupakan kader PMII Banten. Ia pernah diamanahi sebagai Ketua Kopri PMII Cabang Serang pada 2015-2016. Sebelumnya, Maya mengemban amanah sebagai Bendahara Komisariat PMII IAIN Banten 2014-2015. Perempuan kelahiran Pandeglang, Banten 28 tahun lalu itu aktif sebagai Ketua Bidang Seni dan Olahraga PB Kopri PMII 2017-2020.  


Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Fathoni Ahmad

Maahad Al Musthofa Mobile

Source link