Berita

Hari Santri 2022, PCINU Taiwan Gelar Lomba Menulis Esai

Al-Musthofa Publication Hari Santri 2022, PCINU Taiwan Gelar Lomba Menulis Esai

Jakarta, NU Online 
Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Taiwan telah menyiapkan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Santri tahun 2022 ini. Di antaranya lomba menulis esai untuk para santri dengan tema besar “Santri Indonesia untuk Peradaban Dunia”. 
 

Ulin Nuha menyampaikan, lomba tersebut sebagai sarana untuk memupuk dan meningkatkan minat serta kemampuan menulis dari kalangan santri.

“Adanya kompetisi ini diharapkan menumbuhkan gairah bagi generasi muda NU yang memiliki potensi bagus dalam segala bidang agar bisa menuangkan gagasannya,” kata penanggung jawab lomba menulis esai ini, Kamis (29/9/2022).

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa lomba menulis esai ini bisa ditulis dengan beberapa subtema. Panitia membagi subtema lomba esai ini menjadi lima yaitu, Sejarah Perjuangan Santri di Masa Kolonial, Peran Santri dan Kiai dalam Pelaksanaan Resolusi Jihad, Santri Menjaga Keutuhan NKRI, Kontribusi Santri terhadap Perkembangan Ilmu Sains dan Teknologi. 

“Terakhir, Peran NU untuk Peradaban dan Perdamaian Dunia,” Jelas Ulin Nuha.

Kompetisi ini dibuka mulai tanggal 25 September sampai 17 Oktober 2022. Total hadiah pada lomba esai ini yaitu sekitar 13.000 dolar Taiwan.

Ulin menyampaikan, dari semua peserta, nantinya akan dipilih tiga tulisan esai terbaik untuk kemudian ditetapkan menjadi juara. Dan 20 naskah terbaik akan dipilih untuk menjadi sebuah buku.

“Lomba ini bisa diikuti oleh semua kalangan baik itu santri, mahasiswa maupun umum,” ujarnya.

Sementara pengumuman pemenang akan disampaikan pada saat puncak peringatan Hari Santri oleh PCINU Taiwan tanggal 23 Oktober 2022.

“Acara puncak ini akan berlangsung di Ibukota Taiwan, Taipei dengan beberapa acara utama seperti Apel Hari Santri dan pelantikan kepengurusan baru PCINU Taiwan masa khidmah 2022-2024,” ucapnya.

Info lebih lanjut mengenai panduan pendaftaran dan penulisan bisa diakses melalui link Lomba Esai PCINU Taiwan.

Ulin mengatakan, semenjak Hari Santri secara resmi ditetapkan pemerintah pada tahun 2015, PCINU Taiwan baru dua kali merayakannya. Diharapkan Ulin pada tahun 2022 ini, peringatan Hari Santri makin semarak.

 

Editor: Syamsul Arifin

Al-Musthofa Publication Hari Santri 2022, PCINU Taiwan Gelar Lomba Menulis Esai

Source link