Berita

Hikmah Salat Tarawih – Pondok Pesantren Lirboyo

Al-Musthofa Publication Hikmah Salat Tarawih - Pondok Pesantren Lirboyo

Pada bulan puasa ketika matahari benar-benar kembali keperaduannya, umat islam diperkenankan hal-hal yang sebelumnya dilarang untuk dilakukan. Sehingga ketika hasratnya terpenuhi, mayoritas dari mereka terlihat lemas dan kurang semangat akibat keadaan perut yang tiba-tiba kenyang. Maka dengan maksud menghilangkan gairah dan kelesuan tersebut, islam menganjurkan salat tarawih kepada pemeluknya.

Ahmad al-Jurjawi dalam karangannya Hikmah at-Tasyri’ wa Falsafatuhu mengemukakan riset para dokter mengenai salah satu keuntungan bagi umat muslim yang melaksanakan salat isya sekaligus salat tarawih. Yaitu, hilangnya berbagai macam penyakit yang timbul sebab kekenyangan.

Baca juga: Refleksi Nuzulul Quran

Keterangan ini sesuai dengan pengalaman yang diceritakan oleh dokter Edward Lien, ketika diundang untuk ikut berbuka bersama salah seorang pedagang besar muslim, beliau melihat orang-orang yang berbuka menyantap makanan dengan terlalu semangat dan lahap. Timbul dibenaknya sebuah kekhawatiran, bahwa kemungkinan besar berdasarkan ilmu yang dipelajarinya, mereka akan terkena berbagai macam penyakit perut.

Namun, setelah mengamati lebih lanjut, saat datangnya waktu salat isya orang-orang islam segera melaksanakan salat isya kemudian melanjutkan salat tarawih. Akhirnya, sang dokter berubah pikiran dan mulai meyakini bahwa gerakan-gerakan tersebut dapat memberikan kekuatan, menambah kesemangatan serta menangkal berbagai macam penyakit yang berpotensi muncul sebab makanan yang terlalu berlebih. Hingga pada puncaknya dia percaya bahwa agama islam adalah agama yang bijaksana dan solutif dalam segala hal yang disyariatkan.  

Ditulis oleh: Tim pembukuan Nadwah Ma’had Aly Pondok Pesantren Lirboyo, sang mufti, (cet. 1 vol. 1 hal. 250)

Baca juga: Salat Witir Dua Kali Dalam Satu Malam

Dukung akun youtube kami: Pondok Lirboyo.

2

Al-Musthofa Publication Hikmah Salat Tarawih - Pondok Pesantren Lirboyo

Source link