Maahad Al Musthofa Mobile

Jakarta, NU Online

Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) menggelar perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional virtual dalam rangka menyemarakkan Ramadhan 1442 H. Ketua Panitia MTQ PP IPNU Ahmad Syamwiel menyampaikan bahwa IPNU kegiatan ini dalam rangka menggemakan tadarus Al-Qur’an di bulan suci Ramadhan.

 

“Program ini merupakan upaya PP IPNU menggemakan ayat-ayat suci Al-Qur’an di bulan Ramadhan dan di media sosial,” ujarnya kepada NU Online pada Selasa (20/4).

 

Selain itu, MTQ yang digelar ini juga merupakan upaya PP IPNU dalam rangka mewadahi pelajar untuk mengembangkan diri dalam bidang tilawatil qur’an. “Lomba ini dibuat PP IPNU untuk memfasilitasi pelajar yang sedang dalam perasaan bahagia kedatangan bulan suci Ramadhan untuk mengembangkan diri di ranah tilawatil qur’an,” kata Wakil Sekretaris Umum PP IPNU itu.

 

Sementara itu, Ketua Umum PP IPNU Aswandi Jailani mengajak seluruh pelajar Indonesia untuk melibatkan diri guna menyemarakkan bulan Ramadhan dengan memperbanyak tilawatil qur’an sebagai satu kesunnahan menjalani bulan suci.

 

“Saya mengajak kepada seluruh Rekan-rekanita, di mana pun rekan-rekan berada, seluruh pelajar Indonesia, para santriwan-santriwati dan para pemuda-pemudi Indonesia yang cinta Al-Qur’an, ayo sama-sama mengikuti perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur’an kali ini,” katanya.

 

Tilawatil Qur’an ini juga, lanjutnya, dapat dijadikan momentum untuk berefleksi, memperbaiki diri dan meningkatkan akhlak yang mulia. “Ayo, dalam rangka momentum bulan suci Ramadhan, saya juga mengajak kepada rekan-rekan semua untuk menjadikan momentum menjadi bahan merefleksi diri kita, bahan tafakkur kita, untuk membangun akhlakul karimah,” lanjut pria asal Jambi tersebut.

 

Dalam perlombaan MTQ ini, panitia akan memilih lima peserta terbaik yang berhak mendapatkan total hadiah jutaan rupiah.

 

Kegiatan ini dapat diikuti dengan merekam video Tilawatil Qur’an dengan durasi 4-5 menit. Namai file video dengan (MTQNV-nama lengkap-alamat lengkap-nama surat dan ayat) contoh (MTQNV-Abdul Qodir al Falimbani-Kali Batu Musi Barat Palembang Sumatera Selatan-Al Baqoroh 1-5).

 

Unggah video ke Google Drive dan bagikan tautan penyimpanan ke alamat Email ipnupelajarmengaji@gmail.com dengan disertai foto tanda pengenal yang sah (KTP/SIM/KTA). Pengiriman paling lambat pada Ahad, 2 Mei 2021 Pukul 20.00 WIB.

 

Selanjutnya, peserta dapat membagikan video masing-masing yang telah diunggah oleh panitia di kanal Youtube resmi PP IPNU, Official Channel PP IPNU dan akun Instagram resmi PP IPNU @ppipnu guna mendapatkan suka dan tayangan terbanyak. Sebab, video dengan jumlah tayang terbanyak berhak mendapatkan juara terfavorit.

 

Adapun syarat dan ketentuan selengkapnya dapat diunduh di tautan https://bit.ly/32zANTT.

 

Pewarta: Syakir NF

Editor: Kendi Setiawan

Maahad Al Musthofa Mobile

Source link