Berita

Ini 5 Tips Tidur Nyenyak yang Bisa Dicoba

Al-Musthofa Publication Ini 5 Tips Tidur Nyenyak yang Bisa Dicoba

Jakarta, NU Online 
Memiliki kualitas tidur yang baik dapat menjaga kesehatan tubuh, utamanya fungsi otak. Tidur nyenyak menjadi penting, mengingat kurang tidur di malam hari dapat mengakibatkan letih pada esok hari dan hal ini tentu akan sangat mengganggu produktivitas.

 

Berdasarkan artikel “What You Should Know About Oversleeping, Plus 5 Tips for Better Sleep” Anda hanya memerlukan 5 langkah untuk bisa mendapatkan kualitas istirahat yang baik sehingga bisa tidur dengan nyenyak.

 

1. Jadwalkan tidur
Usahakan Anda tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari bahkan di akhir pekan. Ketika anda pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, Anda telah mengondisikan tubuh untuk terbiasa dengan tidur pada waktu tersebut. Ini akan membuat Anda bisa mendapatkan ritme dimana tidur menjadi lebih muda.

 

2.  Ciptakan lingkungan tidur yang ideal
Memiliki lingkungan tidur yang nyaman akan membantu tubuh anda cepat tertidur.  Pastikan kamar tidur Anda sejuk, gelap, dan sunyi.

 

Hindari tertidur dengan televisi menyala meskipun suaranya dimatikan. Pertimbangkan juga untuk mengganti bantal atau kasur jika merasa sudah tidak nyaman. Anda bisa menggelapkan ruangan menggunakan tirai dan menggunakan penyumbat telinga yang dapat membantu meredam gangguan.

 

3. Matikan perangkat elektronik
Layar komputer dan ponsel memancarkan sinar biru atau blue light. Paparan sinar biru dapat mengganggu ritme sirkadian yang memengaruhi kualitas tidur.  Untuk itu, usahakan batasi paparan cahaya biru atau hindari menggunakan perangkat elektronik dalam dua hingga tiga jam sebelum tidur.

 

4. Perhatikan gaya hidup 
Menjaga diri selama kondisi terjaga akan membantu Anda mudah untuk tertidur saat malam. Perhatikan makanan atau minuman yang dikonsumsi, seperti kafein. Kafein dapat membuat Anda lelah jika dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur.  Sebaliknya, teh herbal atau susu hangat adalah minuman yang baik dikonsumsi sebelum tidur. Selain itu, hindari juga olahraga tepat sebelum tidur karena dapat mengganggu tidur Anda.

 

5.  Buat catatan tidur
Jika Anda memiliki keluhan terkait tidur, tulislah dalam catatan. Sertakan apa saja tentang kebiasaan dan rutinitas yang dirasa sehingga Anda dapat mengonsultasikannya kepada dokter. Pastikan untuk mencatat durasi tidur setiap malam, berapa lama untuk tertidur, dan hal lain yang berhubungan dengan istirahat.

 

Pewarta: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Aiz Luthfi

Al-Musthofa Publication Ini 5 Tips Tidur Nyenyak yang Bisa Dicoba

Source link