Berita

Inilah Para Juara Lomba Foto Peduli Lingkungan NU Online-BRGM

Al-Musthofa Publication Inilah Para Juara Lomba Foto Peduli Lingkungan NU Online-BRGM

Jakarta, NU Online

NU Online bersama Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) RI mengumumkan juara lomba foto peduli lingkungan. Agenda ini digelar dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-18 NU Online yang jatuh pada 11 Juli 2021 lalu.

 

Para peserta diberi kesempatan waktu untuk mengunggah foto melalui platform media sosial Instagram pada periode 20 Juni hingga 20 Juli 2021. Kemudian, dewan juri telah memutuskan tiga akun yang dipilih sebagai juara serta lima orang juara favorit. 

 

Akun @kilomoto telah ditetapkan sebagai juara 1, disusul @jejaksiudiin sebagai juara 2, dan @bambang_victory @bambang_victory juara 3.

 

Sedangkan juara favorit secara berurutan adalah @wahyuekaa.id@yoga.prtma___ (@yoga.prtma___), @win.s4leh @win.s4leh,  @arii.jwr @arii.jwr, dan @a_baihaqy07 @a_baihaqy07.

 

Para juara tersebut berhak mendapatkan hadiah uang tunai. Juara 1 memperoleh Rp1.500.000, juara 2 Rp1.000.000, Juara 3 Rp750.000. Sementara lima akun yang ditetapkan sebagai juara favorit, masing-masing mendapatkan hadiah sebesar Rp250.000.

 

Pemimpin Redaksi NU Online Ahmad Mukafi Niam memberikan ucapan selamat kepada para juara dan mengapresiasi seluruh peserta yang telah mengunggah foto terbaik tentang kepedulian terhadap lingkungan.

 

“Harapannya semoga semua peserta bisa terus berkarya dan senantiasa menyuarakan tentang isu-isu kepedulian lingkungan melalui proses kreatif. Kampanye untuk menjaga lingkungan harus terus diupayakan terutama melalui media sosial,” kata Niam, di Jakarta, Senin (26/07/2021) sore.

 

Ia juga menjelaskan bahwa terdapat beberapa aspek yang menjadi penilaian dewan juri yakni teknis, konsep, konten, dan tematis. Menurutnya, keempat aspek terus menjadi sangat penting untuk dinilai pada sebuah karya kreatif berupa foto yang diunggah di media sosial.

 

Aspek teknis yang dinilai melingkupi unsur-unsur dasar fotografi yakni ketajaman, sudut pandang, teknik pemotretan, dan komposisi. Sementara konsep melingkupi unsur-unsur gagasan atau ide yang melatari lahirnya sebuah karya foto. Konsep ini terkait dengan orisinalitas karya dan lahirnya gagasan baru.

 

Kemudian konten yang dinilai melingkupi unsur-unsur pesan dan informasi yang tersirat maupun tersurat dalam foto. Pesan dalam foto bisa berupa pernyataan, kesan atau ungkapan emosi. “Pesan yang bagus adalah pesan yang jelas, tegas dan efektif,” tegas Niam. 

 

Sedangkan aspek tematis yang menjadi fokus penilaian dewan juri melingkupi unsur-unsur yang terkait dengan tema lomba yang disodorkan. Misalnya, tema kepedulian terhadap lingkungan hidup.

 

“Fotografer sebisa mungkin menampilkan soal kepedulian terhadap lingkungan hidup yang menjadi khas dalam objek fotonya,” terang Niam.

 

Juara 1 Lomba Foto Peduli Lingkungan Muhammad Abdul Ghofur, pemilik akun @kilomoto, berucap syukur sekaligus menyampaikan terima kasih kepada NU Online dan BRGM RI karena dirasa telah memberikan apresiasi tinggi terhadap karya yang dibuatnya.

 

“Terima kasih telah memilih foto saya sebagai apresiasinya. Saya (akan) terus berkarya di mana pun, ke mana pun, aku selalu membawa kamera walaupun kamera pocket, ya. Karena momen itu tidak bisa diprediksi dan tidak bisa terulang lagi,” kata Ipunk, sapaan akrabnya, saat dihubungi NU Online, Senin (26/07/2021).

 

Ia berharap agar NU Online terus menggencarkan edukasi mengenai kepedulian terhadap lingkungan, terutama menyasar ke kawula atau anak-anak. Tujuannya, untuk melindungi alam dan mencegah kerusakan dengan memberikan edukasi sejak dini kepada masyarakat. 

 

“Kalau di media sosial itu, misalnya, ada give away mewarnai gambar bertema lingkungan. Mungkin itu bisa diadakan, supaya mereka mulai tahu tentang lingkungan yang harus dijaga,” kata Ipunk.

 

Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Kendi Setiawan



Al-Musthofa Publication Inilah Para Juara Lomba Foto Peduli Lingkungan NU Online-BRGM

Source link