Berita

Iringi Silaturahim dengan Prokes Ketat

Al-Musthofa Publication Iringi Silaturahim dengan Prokes Ketat

Jakarta, NU Online

Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH Ma’ruf Amin menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1443 H. Ia mengingatkan, umat Islam telah bisa menikmati Lebaran di kampung halaman setelah dua tahun merayakan Idul Fitri dengan segala keterbatasan akibat pandemi Covid-19. 

“Alhamdulillah berkat ikhtiar dan doa kita untuk mengendalikan sebaran Covid-19 diperkenankan Allah, sehingga tahun ini masyarakat Indonesia dapat kembali mudik, berlebaran di kampung halaman yang tentunya telah sangat dirindukan,” ungkap Wapres melalui tayangan video yang diterima NU Online, pada Ahad (1/5/2022) petang. 

Meski begitu, ia tetap mengimbau kepada umat Islam khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Hal ini demi menghindari lonjakan kasus Covid-19. 

“Saya mengimbau, agar kebahagiaan bersilaturahmi dengan sanak saudara tetap diiringi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat untuk menghindari melonjaknya kembali kasus Covid-19 pasca lebaran nanti. Selamat merayakan Hari Raya Iidul Fitri 1443 H bersama keluarga dan sanak saudara tercinta. Mohon maaf lahir dan batin,” ucap Wapres.

Ia mengatakan bahwa selama satu bulan penuh, umat Islam telah menikmati indahnya Ramadhan dengan melaksanakan ibadah puasa dan memperbanyak ibadah-ibadah lainnya. Hal itu, tambah Wapres, dapat melatih pengendalian diri untuk melawan hawa nafsu. 

Lebih lanjut, Wapres berharap agar seluruh rangkaian ibadah selama Ramadhan dapat mengasah kepedulian umat Islam terhadap sesama dalam bingkai ukhuwah Islamiyah (persaudaraan umat Islam), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan kebangsaan), dan ukhuwah insaniyah (persaudaraan kemanusiaan. 

“Insyaallah seluruh amalan yang kita lakukan di bulan Ramadhan, menjadi bekal bagi kita untuk senantiasa menguatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah dan mengembalikan jiwa kita kepada jiwa yang fitrah, bersih, laksana bayi yang baru lahir,” harap Wapres. 

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan bahwa Idul Fitri, 1 Syawal 1443 H jatuh pada Senin, 2 Mei 2022. Ketetapan ini disampaikan Menteri Agama H Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) selepas menggelar sidang itsbat di Jakarta yang digelar pada Ahad (1/5/2022) petang.

“Satu Syawal 1443 Hijriyah jatuh pada hari Senin, tanggal 2 Mei 2022 Masehi. Keputusan ini didasarkan pada posisi hilal yang sudah berada di atas ufuk dan keberhasilan beberapa perukyat melihat hilal awal Syawal 1443 H pada sore ini,” kata Gus Yaqut di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta pada Ahad (1/5/2022) petang.

Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Syakir NF

Al-Musthofa Publication Iringi Silaturahim dengan Prokes Ketat

Source link