Berita

Jangan Anggap Sepele, 5 Kebiasaan Ini Bikin Daya Tahan Tubuh Turun

Al-Musthofa Publication Jangan Anggap Sepele, 5 Kebiasaan Ini Bikin Daya Tahan Tubuh Turun

Jakarta, NU Online

Menjaga daya tahan tubuh merupakan hal yang penting. Ini karena daya tahan tubuh berperan  menjaga kekebalan tubuh agar tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Selain memahami pentingnya imunitas tubuh, Anda juga perlu mengenali penyebab-penyebab melemahnya daya tahan tubuh. Terdapat sejumlah faktor yang menyebabkan melemahnya kekebalan tubuh, namun lima kebiasaan ini yang utamanya perlu dihindari.

Mengutip laman Halodoc, “Imun Lemah Gampang Sakit? Ini 5 Penyebabnya”, berikut lima kebiasaan yang bikin daya tahan tubuh melemah.

1. Kurang olahraga

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang membantu meningkatkan imunitas tubuh. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa rutin berolahraga dapat membantu fungsi neutrofil, sejenis sel darah putih yang dapat membunuh mikroorganisme penyebab timbulnya penyakit.

Hal itu barang tentu tidak akan didapatkan jika seseorang kurang atau bahkan jarang berolahraga.

2. Kurang asupan nutrisi

Kurang mengonsumsi makanan bergizi seimbang bisa mengganggu keseimbangan imunitas tubuh. Sistem kekebalan tubuh akan melemah dan tubuh akan rentan terserang penyakit.

Adapun makanan yang dapat menjaga sistem imun tetap  terjaga antara lain di antaranya buah-buahan, sayur-sayuran, dan sumber gandum utuh. Hal ini akan membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dengan menyediakan vitamin, mineral, fitokimia, dan antioksidan.

Selain itu, hindari juga makanan berlemak atau minyak karena lemak jenuh yang terkandung di dalamnya dapat melemahkan imunitas tubuh.

3.  Stres

Jangan dianggap sepele! Stres ternyata bisa menurunkan menurunkan imunitas tubuh.

Adapun gejala stres pada umumnya adalah sakit kepala, rasa sakit di dada, rasa gelisah, dan rasa tegang. Kenali gejala tersebut dan segera dapatkan penanganan untuk meminimalisasi kemungkinan buruk terjadi.

4. Kurang asupan cairan

Air merupakan komponen esensial dalam tubuh manusia. Bagi tubuh, air berfungsi untuk membawa nutrisi dan mineral ke sel, dan menjaga mulut, hidung, tenggorokan tetap lembab serta menghindari terserang penyakit.

Untuk itu, pastikan konsumsi air harian cukup sehingga dapat menghindari imun lemah.

5. Kurang tidur

Siapa yang doyan bergadang? Mulai sekarang, kelola jam tidur dan hindari berdagang bila tak perlu.

Kurang tidur dapat mengganggu kesehatan. Saat sedang tidur, sel-sel dalam darah akan bekerja melawan penyakit. Jika kurang tidur, sel dalam tubuh tidak akan bekerja efektif melawan penyakit.

Pewarta: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Muhammad Faizin

Al-Musthofa Publication Jangan Anggap Sepele, 5 Kebiasaan Ini Bikin Daya Tahan Tubuh Turun

Source link