Berita

Karakteristik Tiga Pesantren Tahfidz Unggulan di Indonesia

Al-Musthofa Publication Karakteristik Tiga Pesantren Tahfidz Unggulan di Indonesia

Banyak dari orang tua yang memiliki keinginan untuk memasukkan putra putrinya di lembaga pendidikan terbaik menurut mereka. Di Indonesia sendiri banyak terdapat pilihan lembaga pendidikan yang memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing. 

 

Hal demikian menjadi salah satu pembahasan dalam penelitian yang dilakukan oleh Zulhanan, dkk dalam penelitian tahun 2020. Para peneliti dari Badan Litbang dan Diklat Kemenag itu menyebutkan, sudah bukan menjadi rahasia jika pondok pesantren menjadi lembaga pendidikan yang memiliki sistem dan kurikulum terbaik. Pasalnya, di pesantren para santri dibekali berbagai macam ilmu dan pengetahuan terkait dunia dan akhirat.

 

Penelitian yang berjudul Sistem Pendidikan dan Jaringan Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’an di Kudus, Solo dan Bogor menyebutkan tiga pondok pesantren tahfidz yang memiliki keunggulan masing-masing. 

 

Pertama, Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an Kudus yang lingkungannya sangat mendukung dalam pelaksanaan proses menghafal. Kudus sendiri dikenal dengan Madinatu Tahfidz, yaitu kota tempat orang-orang menghapal Al-Qur’an. Selain itu, pondok pesantren yang didirikan oleh KH Arwani Amin juga mempelajari ilmu Qir’ah Sab’ah.

 

Peneliti juga menyebutkan, salah satu yang menjadikan pesantren tersebut terkenal yaitu ketatnya standar yang diberlakukan. Seperti, para santri tidak dibolehkan menyetorkan hafalan sebelum bacaannya sesuai dengan standar yang diberlakukan pesantren.

 

“Termasuk harus mengulang dari melafalkan huruf Hijaiyah, ta’awudz, dan Fatihah. Hal ini berlaku pada semua santri, meskipun sebelumnya sudah memiliki hapalan,” ungkap penelitian tersebut.

 

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an memiliki lima konsep yang harus ditanamkan oleh santri, yaitu keikhlasan, taat dan patuh, pentingnya kualitas serta sabar dan teliti. 

 

Kedua, penelitian menunjukkan Pondok Pesantren Isy Karima Solo juga menjadi banyak pilihan masyarakat. Salah satunya karena berada di kaki Gunung Lawu, sehingga memiliki suasana yang nyaman, sejuk, bahkan romatis.

 

Ditemukan dari penelitian, pondok tersebut memiliki keistimewaan dalam menyiapkan para ilmuwan yang hafidz Al-Qur’an. Terbukti adanya program setingkat SLTA yang dikhususkan untuk laki-laki yang memiliki kemampuan di bidang eksakta.

 

Selain itu juga peneliti menyebutkan kegiatan olah raga yang ditekuni disana sesuai dengan anjuran dalam Al-Qur’an dan sunnah, yaitu memanah dan berkuda.

 

Ketiga, Pondok Pesantren Darul Qur’an Mulia Bogor juga disebutkan dalam penelitian. Pondok yang berlokasi antara Kota Serpong dan Bogor itu, tidak hanya menuntut santri pandai menghafal Al-Quran, namun juga mahir dalam akademik. 

 

Peneliti menyebutkan beberapa karakteristik dalam menghafal di pondok pesantren tersebut, yaitu dengan teknik tilawah (membaca), tafhim (memahami), tahfidz (menjaga/ menghafal), tathbiq (menerapkan).

 

Kontributor: Afina Izzati

Editor: Kendi Setiawan

Al-Musthofa Publication Karakteristik Tiga Pesantren Tahfidz Unggulan di Indonesia

Source link