Berita

Ketika Jumat Berbagi LAZISNU PBNU Diadakan di Seberang Gereja

Al-Musthofa Publication Ketika Jumat Berbagi LAZISNU PBNU Diadakan di Seberang Gereja

Tangerang, NU Online 
Kegiatan Jumat Berbagi LAZISNU PBNU pada Jumat (11/11/2022) pekan lalu terasa istimewa. Lokasi Jumat Berbagi yakni Masjid At-Taubah yang berlokasi di Jl Papaya 5, No. 110 A Perumnas I RT 005/RW06, Cibodassari, Cibodas, Kecamatan Tangerang, Banten berseberangan dengan gereja.

“Ini kesempatan untuk membuktikan bahwa Islam adalah agama rahmatan lil alamin. Berbagi berkah untuk siapa saja,” tutur Dewi Rochmawati, Manajer Pendistribusian LAZISNU PBNU, dikonfirmasi, Senin (14/11/2022).

Dirinya pun turut membagikan nasi kotak kepada para sopir angkot, tukang becak, pemulung, dan dhuafa sekitar masjid. “Salah satu bentuk toleransi juga, karena berbagi tidak memandang suku, ras, ataupun agama,” tambah Dewi.

Sebanyak 500 nasi kotak dibagikan pada hari itu. Titik pembagian pun ramai disambangi jamaah dan warga dari tiga RW setempat. 

“Karena berseberangan dengan rumah ibadah umat lain yaitu gereja, masyarakat setempat memiliki rasa toleransi yang tinggi. Tak jarang, kedua belah pihak pengurus masjid dan gereja berbagi sembako dan makanan ke warga sekitar,” imbuh Dewi.

Ferry Rachmad, salah satu pengurus Masjid At-Taubah menjelaskan bahwa makanan siap saji yang dibagikan ini sangat bermanfaat bagi penerima.

“Senang sekali. Saya berharap tak berhenti di sini, semoga LAZISNU PBNU dan Tokopedia dapat hadir kembali di tempat ini dengan program lainnya,” ungkap Ferry.

Sementara itu, Edi Tamsir, Seksi Pendanaan dan Ekonomi Masjid At-Taubah mengungkapkan bahwa aksi berbagi ini dapat meningkatkan kecintaan warga pada masjid dan mengundang donatur lain untuk ikut berkontribusi untuk kemakmuran masjid. 

“Pas pandemi, pemasukan masjid berkurang drastis, semoga dengan ini warga kembali shalat berjamaah dan peduli pada masjid ini,” pungkas Edi.

Perkuat NU Struktural dan Kultural

Jumat Berbagi adalah program rutin LAZISNU PBNU sebagai realisasi hasil penggalangan fidyah yang bekerja sama dengan Tokopedia. Pada Jumat (28/10/2022) program dilangsungkan di dua masjid sekaligus di daerah Condet Jakarta Timur yakni Masjid Assolihin dan Masjid Al-Ikhsan.

Lokasi masjid tersebut berdekatan dengan kantor MWCNU di Condet. MWCNU tersbeut menurut Direktur NU Care-LAZISNU Qohari Cholil termasuk protipe MWCNU yang produktif, aktif yang kegiatannya dapat mengayomi masyarakat sekitar. 

Menurutnya, lokasi kegiatan dilakukan di dua masjid tersebut dengan harapan dapat turut memperkuat basis Nahdiliyin baik di struktural maupu kultural.

Mustasyar MWCNU Kramatjati, H Abdul Rozak pada kesempatan itu berharap kegiatan Jumat Berbagi dapat berkelanjutan.  Sehingga basis Nahdliyin para pengurus NU dapat lebih kuat dan memberikan maslahat yang nyata kepada masyarakat.

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Syamsul Arifin 

Al-Musthofa Publication Ketika Jumat Berbagi LAZISNU PBNU Diadakan di Seberang Gereja

Source link