Maahad Al Musthofa Mobile

Jakarta, NU Online

Sejumlah persoalan kerap menimpa tenaga pengajar atau guru. Karenanya, memberikan perlindungan kepada mereka sangatlah penting agar selama menjalankan profesi tidak dibayangi permasalahan hukum.

 

Penegasan disampaikan Ketua Pengurus Wilayah (PW) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, Lutfi Hakim Wahid.  Hal itu dikemukakan saat secara resmi melantik Pengurus Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pergunu DKI Jakarta masa khidmat 2021-2022.

 

“Dibentuknya LBH Pergunu untuk memberikan perlindungan hukum pada tenaga pendidik dan kependidikan khususnya kekuarga besar Pergunu dan warga masyarakat yang mengabdikan dirinya dalam bidang pendidikan,” katanya, Rabu (31/4).

 

Disampaikannya bahwa perlindungan hukum kepada para guru penting. Mengingat selama ini di beberapa daerah terdapat guru yang diperlakukan tidak baik.

 

“Padahal tugas guru sangat mulia, mengajari murid biar jadi orang baik dan manfaat,” ujar Gus Lutfi, sapaan akrabnya saat sambutan.  

 

Dikemukakan bahwa sangat mendesak dibentuknya LBH Pergunu dalam rangka memberikan perlindungan hukum kepada para guru. Gus Luthfi juga mengingatkan para guru dalam mendidik agar betul-betul ekstra sabar dalam menghadapi murid.

 

Dijelaskan bahwa terbentuknya LBH Pergunu sebagai wadah untuk mengkaji dan mengadvokasi kebijakan dari sektor pedidikan. Karena selama ini strukur Pergunu banyak diisi mereka yang berlatar belakang sebagai guru.

 

“Kehadiran LBH selain untuk melindungi guru dalam menjalankan tugasnya, juga sebagai tempat konsultasi para guru untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan hukum,” jelasnya. Termasuk  mengadakan advokasi hukum dan kajian terhadap kebijakan dan regulasi sektor pendidikan, lanjutnya.  

 

Gus Lutfi berharap kepada pengurus LBH Pergunu DKI Jakarta yang baru saja dilantik agar dapat menjalankan amanah dengan baik dan bertanggung jawab sesuai dengan tugas.

 

Ketua LBH PW Pergunu DKI Jakarta Ucap Cecep Suharyono menyampaikan terima kasih atas amanat yang telah diberikan. Ia juga berharap dapat menjalankan tanggung jawab dengan baik.

 

“Terima kasih kepada PW Pergunu DKI Jakarta yang telah memberikan amanah yang telah diberikan satu tahun ke depan,” katanya.

 

Pelantikan berbarengan dengan hari lahir ke-69 tahun Pergunu. Kegiatan dilaksanakan di aula Universitas Ibnu Chaldun Rawa Mangun, Jakarta Timur.

 

Adapun lima pengurus LBH Pergunu DKI Jakarta yang dilantik adalah Encep Suharyono sebagai ketua, Endang Fitriana untuk kepala bagian umum dan pengaduan, Handra Deddy Hasanselaku kepala bidang bantuan hukum dan litigasi. Ada juga Yudha Adhi Oetomo selaku kepala bidang advokasi dan pendampingan, dan Phutut Pujianto sebagai kepala bidang media dan kerja sama.

 

Kontributor: Erik Alga Lesmana

Editor: Ibnu Nawawi

Maahad Al Musthofa Mobile

Source link