Berita

KH Marzuki Mustamar Harap Ma’arif NU Jatim Lahirkan Kader Militan

Al-Musthofa Publication KH Marzuki Mustamar Harap Ma'arif NU Jatim Lahirkan Kader Militan

Malang, NU Online
Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jawa Timur menggelar acara Training of Trainer (TOT) di Malang. Kegiatan bertajuk ‘Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Aswaja dan Ke-NU-an’. 

Kegiatan yang berlangsung sejak Jumat hingga Ahad (09-11/12/2022) tersebut dihadiri Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU), PW LP Ma’arif NU Jatim, Pimpinan Cabang (PC) LP Ma’arif NU, serta perwakilan guru di bawah naungan LP Ma’arif NU Jatim. 

“Kegiatan ini merupakan acara penting yang sebaiknya dilaksanakan berkelanjutan supaya benar-benar menghasilkan kader NU yang militan menuju Ma’arif Jawa Timur yang benar-benar NU baik secara dhahir maupun bathin,” kata KH Marzuki Mustamar, Ketua PWNU Jawa Timur saat sambutan. 

Dijelaskannya bahwa NU berbeda dengan aliran lain. Karena itu Pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad Kota Malang ini mengajak semua kalangan utamanya Nahdliyin memahami dengan baik Nahdlatul Ulama secara utuh. 

“TOT ini akan melatih kita bagaimana mengabdi secara utuh di NU dan semoga kita semua mendapat keberkahan KH Hasyim Asy’ari,” harapnya.

H Noor Shodiq Askandar selaku Ketua PW LP Ma’arif NU Jawa Timur menjelaskan bahwa kegiatan bertujuan menguatkan peran guru dalam mengembangkan pembelajaran ala Ahlussunnah Wal Jama’ah. 

“Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh semangat pengurus untuk meng-NU-kan lembaga pendidikan Ma’arif se-Jawa Timur,” katanya saat sambutan. 

Selama kegiatan dibagi dalam tiga klaster. Klaster pertama dilaksanakan di hari pertama untuk guru pendidikan dasar. Berikutnya klaster kedua dilaksanakan di hari kedua untuk guru pendidikan menengah pertama, dan klaster ketiga untuk guru pendidikan menengah atas. Mereka merupakan perwakilan 3 orang guru yang ditunjuk oleh masing-masing PC LP Ma’arif NU di semua kabupaten/kota yang berada di Jawa Timur. 

Lebih lanjut, pada pembukaan TOT tersebut juga disampaikan bahwa, Tim Aswaja PW LP Ma’arif NU Jatim sudah berhasil menerbitkan buku saku Aswaja dan Ke-NU-an. Hal itu sebagai buku pegangan bagi guru dan siswa Ma’arif NU dalam mempelajari Aswaja dan NU secara utuh. 

Training of trainer diikuti 96 peserta dan merupakan pelatihan pertama. Selanjutnya akan ada tindak lanjut untuk pelatihan berikutnya.

“Sehingga peserta pelatihan mendapatkan ilmu yang maksimal dari TOT dan menjadi pelopor penguatan NU di lembaga pendidikan masing-masing,” pungkas Gus Shodiq.

 

Editor: Syaifullah Ibnu Nawawi

Al-Musthofa Publication KH Marzuki Mustamar Harap Ma'arif NU Jatim Lahirkan Kader Militan

Source link