Berita

Kiai Abun Wafat, KH Ubaedillah Ruhiat Ditunjuk sebagai Pengasuh Pesantren Cipasung

Al-Musthofa Publication Kiai Abun Wafat, KH Ubaedillah Ruhiat Ditunjuk sebagai Pengasuh Pesantren Cipasung

Jakarta, NU Online
Pengasuh Pesantren Cipasung 2012-2022 KH Abun Bunyamin Ruhiat dikabarkan wafat pada Sabtu (19/11/2022) pukul 10.10 WIB di Rumah Sakit TMC Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kiai Abun merupakan pengasuh keempat dari pesantren yang didirikan oleh Ajengan KH Ruhiat itu. Sepeninggal Kiai Ruhiat pada 1977, kepemimpinan pesantren dilanjutkan oleh Ajengan KH Muhammad Ilyas Ruhiat. Kemudian, tongkat estafet dilanjutkan oleh Ajengan KH Dudung Abdul Halim sepeninggal Kiai Ilyas pada 2007 hingga 2012.

Kiai Abun melanjutkan tingkat estafet kepemimpinan pesantren yang terletak di Singaparna, Tasikmalaya itu selama kurang lebih 10 tahun. Di samping aktif mendidik para santri di pesantren, almarhum juga merupakan sosok organisatoris. Ia aktif di kepengurusan NU dari tingkat kecamatan hingga pusat.

Dalam upacara pelepasan almarhum, Pembina Yayasan Pesantren Cipasung KH Koko Komaruddin menyampaikan, tongkat kepemimpinan Pesantren Cipasung diserahkan kepada KH Ubaedillah Ruhiat.

“Saya sebagai Pembina Yayasan sudah bermusyawarah, yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan adalah KH Ubaedillah,” kata Ajengan Koko di hadapan ribuan masyarakat yang menghadiri pelepasan adiknya itu.

Musyawarah keluarga juga menunjuk H Acep Adang Ruhiat sebagai Ketua Yayasan Pondok Pesantren Cipasung. “Sebagai ketua Yayasan, Bapak H Acep Adang Ruhiat,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia berharap agar keduanya dapat melanjutkan kepemimpinan Pesantren Cipasung dengan mengikuti para pendahulunya.

“Mudah-mudahan bisa melanjutkan dan bisa mengikuti jejak langkah para pendahulunya, terutama jejak langkah Pendiri Pondok Pesantren Cipasung,” harapnya.

Ia juga berharap dan memohon doa kepada segenap pelayat, agar Pesantren Cipasung dapat terus berkembang lebih besar lagi ke depan.

“Mudah-mudahan Cipasung nanti lebih besar lagi. Saya minta doa, mudah-mudahan apa yang diharapkan bisa terlaksana, bibarokati Ummil Qur’an, Al-Fatihah,” katanya yang langsung disambut dengan pembacaan Surat Al-Fatihah.

KH Ubaedillah Ruhiat saat ini juga ditunjuk sebagai Pelaksana tugas (Plt) Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tasikmalaya 2022-2027. Sementara Acep Adang Ruhiat saat ini duduk sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Komisi X 2019-2024.

Pewarta: Syakir NF
Editor: Musthofa Asrori

Al-Musthofa Publication Kiai Abun Wafat, KH Ubaedillah Ruhiat Ditunjuk sebagai Pengasuh Pesantren Cipasung

Source link