Berita

Lapar di Malam Hari? Ini 6 Makanan yang Bisa Dikonsumsi

Al-Musthofa Publication Lapar di Malam Hari? Ini 6 Makanan yang Bisa Dikonsumsi

Jakarta, NU Online
Rasa lapar yang datang di malam hari kerap membuat bimbang. Dalam upaya mempertahankan berat badan yang sehat dan seimbang, banyak orang memilih untuk tidak makan sebelum tidur meski mereka merasakan lapar. Sungguh simakama, bukan?!

Meskipun benar bahwa metabolisme tubuh bekerja lebih lambat di malam hari, Anda tidak disarankan untuk tidur dalam keadaan lapar. Situasi ini dapat menyebabkan makan berlebihan setelahnya.

Tak perlu lagi tidur dengan menahan lapar. Berikut ini NU Online merangkum 6 jenis minuman dan makanan yang dapat dikonsumsi sebelum tidur untuk mengganjal perut.

1. Pisang dan kenari
Dilansir dari artikel 6 Healthy Snacks You Can Eat Before Going to Bed, camilan sehat ringan seperti pisang dengan kenari dapat mengontrol rasa lapar di malam hari dan juga membantu mengurangi asam lambung dan mulas. Makanan lezat ini merupakan sumber asam amino yang signifikan, seperti triptofan, yang juga dapat membantu mencegah insomnia.

2. Susu hangat
Susu merupakan salah satu minuman yang bisa dikonsumsi sebelum tidur. Anda bisa mengonsumsi susu rendah lemak, susu skim, atau susu bebas laktosa. Anda juga bisa menambahkan kayu manis yang bermanfaat bagi metabolisme dan pencernaan.

3. Yogurt dan gandum
Yoghurt rendah lemak yang dicampur dengan oat merupakan makanan yang ideal supaya tidur tanpa merasa lapar. Kedua bahan tersebut bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.

4. Yogurt Yunani dan Cranberi
Makanan penutup ini kaya akan dengan asam amino esensial, vitamin, antioksidan, dan beragam nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan Anda. Kedua makanan ini dapat untuk melindungi flora usus dan memperkuat kekebalan tubuh.

5. Sereal gandum dan susu almond
Sereal juga bisa dijadikan camilan sehat saat lapar di malam hari. Kandungan kalorinya yang rendah, tidak akan menimbulkan resiko kenaikan berat badan. Makanan ini juga dapat menjadi sumber serat dan nutrisi yang bermanfaat bagi pencernaan.

6. Smoothie apel dan persik
Membuat smoothie adalah cara sehat dan cepat ketika lapar muncul sebelum tidur. Smoothie diketahui rendah kalori, mengandung antioksidan dan asam amino, dan membantu merangsang proses detoksifikasi.

Pewarta: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Musthofa Asrori

Al-Musthofa Publication Lapar di Malam Hari? Ini 6 Makanan yang Bisa Dikonsumsi

Source link