Berita

LAZISNU PBNU Mulai Distribusikan 50 Ribu Paket Sembako untuk Marbot dan Warga Sekitar Masjid Se-Jabodetabek

Al-Musthofa Publication LAZISNU PBNU Mulai Distribusikan 50 Ribu Paket Sembako untuk Marbot dan Warga Sekitar Masjid Se-Jabodetabek

Jakarta, NU Online
Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LAZISNU PBNU) mulai mendistribusikan bantuan 50 ribu paket sembako untuk marbot dan warga sekitar masjid di Jabodetabek, Senin (25/4/2022). Program tersebut adalah hasil sinergi dengan tiga bank negara yaitu Bank Mandiri, BNI, dan BRI.

“Hari ini peluncuran program 50 ribu paket sembako, kolaborasi antara LAZISNU dengan tiga bank yaitu Bank Mandiri, BNI, dan BRI. Paket sembako tersebut untuk marbot atau takmir dan juga warga di sekitar masjid se-Jabodetabek,” jelas Wakil Ketua LAZISNU PBNU, Qohari Cholil, di kantor PCNU Jakarta Pusat.

Ia menjelaskan pada tahap pertama, paket sembako akan disalurkan ke masjid-masjid di sekitar Jakarta Pusat, dengan jumlah 3.750 paket.

“Hari ini kami menerima paket bantuan dari BRI, dan mulai disalurkan hari ini. Pertama ini (disalurkan) di Jakarta Pusat, sebanyak 3.750 paket. Disalurkan ke masjid-masjid di Jakarta Pusat. Setelah itu Jakarta Timur, Barat, Selatan, dan lainnya,” terang Qohari.

Dirinya menjelaskan titik pendistribusian paket sembako dilakukan melalui masjid karena menurutnya masjid merupakan basis dan akar rumput Nahdliyin.

“Kenapa masjid? Karena (masjid) itu adalah basis kita, grassroot (akar rumput) kita. Dengan program menyapa masjid ini semoga bisa lebih merekatkan grassroot Nahdliyin dengan struktural NU,” jelasnya.

Qohari menambahkan, pendistribusian paket sembako Ramadan tahun 2022 memang difokuskan terlebih dulu untuk wilayah Jabodetabek, kemudian untuk daerah terdampak bencana.

“Tahun ini kita fokuskan (pendistribusian) di Jabodetabek, selebihnya untuk daerah terdampak bencana seperti di Pasaman Sumbar,” imbuhnya.

Sementara itu, Pelaksana Logistik Bank BRI Edwin Salahuddin, berharap bantuan paket sembako tersebut dapat bermanfaat untuk masyarakat.

“Alhamdulillah, program paket sembako dari BRI Peduli bisa diterima oleh LAZISNU. Mudah-mudahan ini (bantuan) bermanfaat bagi masyarakat di Jabodetabek yang memang membutuhkan bantuan, khususnya bagi marbot, takmir dan warga sekitar masjid,” kata Edwin.

Untuk diketahui, mekanisme pendistribusian bantuan yang dilakukan oleh LAZISNU PBNU yaitu dengan menggandeng PCNU di masing-masing kabupaten/kota se-Jabodetabek.

Hadir pada serah terima bantuan tersebut Ketua Tanfidziyah PCNU Jakarta Pusat, Syaifuddin. Dirinya menyampaikan terima kasih kepada LAZISNU PBNU dan tiga bank negara atas bantuan paket sembako untuk warga Jakarta Pusat.

“Terima kasih kepada LAZISNU PBNU dan Himbara (himpunan bank negara). Alhamdulillah hari ini LAZISNU dan Himbara memberikan bantuan kepada marbot, takmir, dan warga sekitar masjid. Mudah-mudahan di bulan penuh berkah ini menjadi kebahagiaan untuk mereka,” kata Gus Syaifuddin.

Kontributor: Wahyu Noerhadi
Editor: Kendi Setiawan
 

Al-Musthofa Publication LAZISNU PBNU Mulai Distribusikan 50 Ribu Paket Sembako untuk Marbot dan Warga Sekitar Masjid Se-Jabodetabek

Source link