Maahad Al Musthofa Mobile

Bogor, NU Online

Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU) meluncurkan dan menyosialisasikan Modul Pelatihan Dakwah dan Buku Pedoman Dakwah, Selasa, 16 Maret 20219 yang lalu. Peluncuran buku ini bertepatan dengan pelaksanaan Halaqah Keaswajaan dan dan Kebangsaan LD PBNU di Wisma Tugu, Bogor, Jawa Barat.

 

Sosialisasi modul dan buku tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris LD PBNU Kiai Moch Bukhori Muslim, serta pemaparan isi buku oleh Kiai Fuad Thohari dan penyampaian rencana pelatihan dakwah disampaikan oleh Kiai Masrukhin Abdul Majid.

 

Sebelumnya dikabarkan, LD PBNU telah mengesahkan Modul Pelatihan Dakwah dan Buku Pedoman Dakwah untuk Dai-Dai NU di seluruh Indonesia pada Raker yang diselenggarakan LD PBNU pada 16 Januari 2021.

 

Modul Pelatihan Dakwah dan Buku Pedoman Dakwah ini merupakan pakem dalam berdakwah Aswaja an Nahdliyah yang memiliki wawawasan Wasathiyah dalam bingkai Ahlusunnah wal Jamah Annahdliyah. Hal ini merupakan ikhtiar memberikan pemahaman bagaimana penyebaran Islam yang ramah dan rahmah yang perlu dikuasai para dai. 

 

“Dai NU harus punya pedoman dakwah dan mempunyai modul pelatihan berstandar dan model pelatihan yang sama di seluruh Indonesia,” ujar Ketua LD PBNU Kiai Agus Salim HS, Ahad (20/3) pagi.

 

Menurutnya modul dakwah ini memiliki terobosan baru, yakni pemantapan konten dakwah yang berwawasan wasathiyah dalam bingkai Aswaja Annahdliyah.

 

Rencananya, usai dicetak, modul ini akan dikirim ke seluruh pengurus Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) di setiap cabang maupun wilayah di Indonesia, bahkan hingga seluruh dunia. Selain itu juga diadakanpelatihan dan sosialisasi langsung dari pengurus LD PBNU. “Dan insyaallah ini jadi pedoman dakwah kita,” ia menjelaskan.

 

Sementara itu, Nurochman Marsudi, salah satu penyusun Modul Pelatihan Dakwah dan Buku Pedoman Dakwah mengungkapkan bahwa buku tersebut dijadikan pegangan dakwah bagi dai-aai NU agar selalu berpegang kepada dakwah Ahlussunnah wal Jamaah Annahdliyah.

 

“Mengingat banyaknya permintaan dari wilayah dan cabang agar dibuatkan buku pedoman dan modul pelatihan dakwah dan agar para dai NU berwawasan washatiyah,” terang Nurochman.

 

Adapun isi modul pelatihan dakwah mencakup lima komponen, di antaranya ke-Aswaja-an, ke-NU-an, Kebangsaan, Ilmu Dakwah, dan disiplin ilmu-ilmu lain yang diperlukan. Sedangkan Buku Pedoman Dakwah berisi tentang ketentuan umum dakwah, karakteristik dai, kaidah fiqh dakwah, dan kode etik dakwah.

 

Nurochman juga mengungkapkan bahwa Modul Pelatihan Dakwah dan Buku Pedoman Dakwah sudah dirancang dan digagas LD PBNU sejak lima tahun lalu.

 

Kontributor: Faqih

Editor: Kendi Setiawan

Maahad Al Musthofa Mobile

Source link