Berita

LPTNU Adakan Festival Hari Santri, Lomba Film Pendek, Esai, hingga Video Tiktok

Al-Musthofa Publication LPTNU Adakan Festival Hari Santri, Lomba Film Pendek, Esai, hingga Video Tiktok

Jakarta, NU Online

Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) mengadakan Festival Hari Santri 2021 dengan tiga kategori, mulai dari film pendek, menulis esai, hingga lomba video tiktok. Pendaftaran sudah dibuka pada 1-15 September 2021. 


Para peserta terdiri dari dosen dan mahasiswa dari PTNU. Untuk kategori film pendek dan menulis esai pesertanya adalah dosen dan mahasiswa, sementara lomba video tiktok hanya diperuntukkan bagi mahasiswa. 


Ketua Panitia Pelaksana Festival Hari Santri Aim Hamimurrohim menuturkan beberapa alasan diadakannya festival ini. Pertama, untuk menggali dan mencari berbagai potensi seluruh dosen atau mahasiswa.


“Kedua, kami ingin mengetahui sejauh mana pengaruh PTNU di luar Jawa seperti Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, dan Papua itu,” tutur Aim, sapaan akrabnya, kepada NU Online, Senin (6/9/2021) malam. 


Pada lomba film pendek, LPTNU melibatkan beberapa orang yang profesional atau berkompeten di urusan perfilman untuk menjadi dewan juri. Di antaranya Anggota Badan Pertimbangan Perfilman Indonesia Toto Soegriwo, Direktur Operasional Percofia Pictures Tarmizi Abka, dan Produser MNC Pictures Syawal Sihombing. 


Selain itu, LPTNU juga memandang bahwa tren media sosial teratas sekarang ini adalah Tiktok sehingga dijadikan sebagai salah satu perlombaan dalam Festival Hari Santri 2021. Menurut Aim, Tiktok saat ini tidak hanya digandrungi oleh pelajar atau kalangan muda saja tetapi juga ada dari kalangan orangtua. 


“Kalau untuk yang Tiktok ini lebih ke arah komedi. Karena yang saya lihat juga, di pendidikan itu melulu tentang hal-hal yang serius. Artinya kita mencoba untuk upgrade agar tidak terkait dengan pendidikan yang melulu monoton, tetapi ternyata kita tahu ada beberapa kreativitas di pendidikan yang basisnya bisa berawal dari komedi. Tapi nanti diselipkan pesan-pesan moral,” katanya.


Syarat dan ketentuan umum


Peserta adalah dosen dan mahasiswa PTNU. Peserta wajib mengikuti semua akun media sosial LPTNU. Peserta wajib mengunggah ulang poster Festival Hari Santri LPTNU dengan menandai akun media sosial LPTNU, sertakan pula tagar #ptnubisa #satuabadnu #harisantrinasional #sobatptnu. 


Peserta bisa melakukan pendaftaran hingga 15 September 2021 dan pengumpulan karya paling lambat 14 Oktober 2021 melalui tautan berikut. Pilih Registrasi Peserta Festival Hari Santri Nasional untuk pendaftaran dan pilih Pengumpulan Hasil Karya Festival Hari Santri Nasional untuk mengumpulkan. Kemudian melakukan konfirmasi kepada panitia melalui narahubung, Hamim (0831-2012-5841) dan Rifda (0858-1999-5621).


Syarat dan ketentuan khusus


Untuk video tiktok, terdapat empat tema yakni komedi santun, bahasa daerah, plesetan kepanjangan dari PTNU, dan komedi santri. Format video berdurasi 15-60 detik. Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu video yang dibuat secara portrait atau vertikal. Video hasil karya yang diunggah ke tiktok, wajib menandai akun LPTNU Official dan menyertakan tagar #ptnubisa, #satuabadnu, dan #harisantrinasional. 


Sementara untuk film pendek, memiliki empat tema. Di antaranya merdeka berpikir tanpa menghilangkan citra akhlakul karimah, memaknai spirit sami’na wa atho’na dalam era digital 4.0, semarak mahasiswa PTNU menyambut hari santri, dan semarak hari santri bagi mahasiswa atau dosen PTNU. 


Format video film pendek adalah mp4 dengan resolusi 1280×720 dan berdurasi 5-10 menit. Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu film dan tidak mengandung unsur SARA. Peserta mencantumkan judul film (dalam pengirimannya). LPTNU berhak memublikasikan film dengan mencantumkan karya dari peserta. 


Sementara untuk lomba menulis esai, terdapat dua tema, yakni (1) Peran Mahasiswa PTNU di Era Revolusi Industri 4.0 dan Menghadapi Society 5.0, dan (2) Memaknai Spirit Sami’na wa Atho’na dalam era digital 4.0. 


Panjang tulisan esai 750 hingga 1500 kata dengan jenis huruf Time News Roman 12 dan spasi 1,5. Karya tulisan wajib original dan bukan plagiat. Satu peserta hanya boleh mengirimkan satu karya tulisan dalam bentuk pdf dengan nama file: nama peserta_nim_nama kampus. Hasil karya tulisan diunggah melalui tautan berikut.


Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Syakir NF

Al-Musthofa Publication LPTNU Adakan Festival Hari Santri, Lomba Film Pendek, Esai, hingga Video Tiktok

Source link