Maahad Al Musthofa Mobile

Semarang, NU Online

Nabi Muhammad SAW sebagai sebaik-baik teladan, banyak memberikan tuntunan bagi umatnya. Tuntunan yang diberikan mulai dari bagaimana menjalankan ibadah secara ritual hingga aplikasi dalam kegiatan sehari-hari. Salah satunya adalah mengenai etika serta pola makan Rasulullah. 

 

Rasul banyak memberikan contoh dan anjuran dalam makan. Banyak manfaat dan hikmah yang dapat diambil, baik dari segi kesopanan hingga kesehatan. Salah satu anjuran Rasul adalah mendahulukan makan buah kurma ketika berbuka puasa, saat perut sedang kosong.

 

Dalam sebuah hadist riwayat Abu Daud dan Tirmidzi Rasullullah bersabda dari Anas ra, “Nabi SAW apabila ia berbuka puasa dengan kurma gemading, sebelum Beliau shalat, apabila tidak ditemukannya, ia berbuka dengan kurma biasa, kalau tidak ditemukannya, Beliau berbuka dengan beberapa teguk dari air putih.”

 

Lalu, jika dilihat dari kacamata dunia kesehatan, apakah manfaat mengawali memakan buah saat perut kosong dan sebelum menyantap hidangan utama? Vince Rozier dalam Best Time To Eat & Exercise Guide (Unites States: Step One Publishing, 2014) berikut beberapa keuntungan memakan buah saat perut kosong

 

1. Mencegah makan berlebihan

Serat dalam buah-buahan memiliki cara pemecahan yang berbeda dengan makanan lain seperti contohnya daging. Serat ini bermanfaat dalam menciptakan rasa kenyang lebih cepat sehingga membantu pula dalam program menurunkan berat badan. Namun, mekanisme ini hanya berlaku bila buah dikonsumsi sebelum makan karena bila dikonsumsi setelah makan, manfaat ini tidak akan sempat muncul.

 

2. Antioksidan

Buah-buahan banyak mengandung antioksidan seperti likopen, lutein, dan beta-karoten. Memakan buah sebelum hidangan utama akan memastikan tubuh memaksimalkan fungsi antioksidan tersebut. Antioksidan sendiri bermanfaat menangkal radikal bebas berbahaya yang sering dianggap sebagai penyebab utama kanker.

 

3. Keuntungan bagi penderita diabetes

Buah-buahan seperti pir dan apel cenderung memperlambat pelepasan glukosa ke aliran darah sehingga dapat bermanfaat menstabilkan gula darah penderita diabetes.

 

4. Memaksimalkan vitamin dan mineral

Untuk mengoptimalkan khasiat vitamin dan mineral yang kaya di dalam buah-buahan, mengonsumsinya sebelum makan merupakan salah satu cara. Vitamin dan mineral dalam buah-buahan akan lebih baik diserap saat perut kosong.

 

Kontributor: Primalita Susilowati

Editor: Kendi Setiawan

Maahad Al Musthofa Mobile

Source link