Berita

Momen Hari Pahlawan, SMK Diponegoro Banyumas Edukasi Pencegahan Narkoba

Al-Musthofa Publication Momen Hari Pahlawan, SMK Diponegoro Banyumas Edukasi Pencegahan Narkoba

Banyumas, NU Online
Semangat Hari Pahlawan 2022 di SMK Diponegoro 3 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, diisi dengan edukasi pencegahan bahaya narkoba bagi para siswa. Kegiatan ini berlangsung Kamis (10/11/2022) di aula sekolah tersebut.

Salah satu narasumber kegiatan, Toni Riyamukti, mengatakan bahwa edukasi pencegahan bahaya narkoba bagi pelajar sangat penting dilakukan di era saat ini, ketika situasi yang serba cepat termasuk penyebaran informasi.

Tidak menutup kemungkinan, hal itu menyebabkan berbagai bahaya bagi remaja dan pelajar seperti pergaulan bebas termasuk penyalahgunaan narkoba.

“Dikhawatirkan penyalahgunaan narkoba masuk ke semua lini dan menyasar siapa saja. Pencegahan dini perlu dilakukan termasuk di Kabupaten Banyumas ini,” kata Toni.

Para narasumber mengisi materi di antaranya pengertian narkoba, jenis-jenis narkoba, efek, dan dampak dari penyalahgunaan narkoba bagi kesehatan.

“Juga aspek hukumnya dan cara pencegahan dan bagaimana menyikapi agar sukses di kemudian hari tanpa terhalang atau tersentuh narkoba dengan membangun ketahanan diri untuk menolak narkoba,” kata Toni.

Pada kesempatan itu, para pelajar juga melakukan deklarasi yang antara lain berisi komitmen mereka untuk meneladani para pahlawan dan menjadi pelopor pencegahan penyalahgunaan narkoba di keluarga, masyarakat, dan sekolah menuju Indonesia bersih narkoba.

Pahlawanku Teladanku
Sementara itu, peringatan Hari Pahlawan 2022 mengusung tema ‘Pahlawanku Teladanku’. Dikutip dari kemensos.go.id, Hari Pahlawan kiranya tidak sekadar diingat setiap 10 November.

Lebih dari itu, adalah bagaimana menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan. Artinya, setiap insan Indonesia seyogyanya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai potensi dan profesi masing-masing yang perlu terus dipertahankan oleh semua unsur bangsa untuk mengenang para pahlawan.

Maksud dan tujuan memperingati Hari Pahlawan adalah untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan. Selain itu, membangun ingatan kolektif untuk kemudian menggerakkan kesadaran masyarakat agar mau meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

Peringatan Hari Pahlawan juga untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan dalam bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia, meningkatkan rasa kecintaan, serta kebanggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Musthofa Asrori

Al-Musthofa Publication Momen Hari Pahlawan, SMK Diponegoro Banyumas Edukasi Pencegahan Narkoba

Source link